Sajikan Efek yang Optimal, Ini 5 Waktu Minum Kopi Terbaik dan Tak Harus Pagi Hari!

Sajikan Efek yang Optimal, Ini 5 Waktu Minum Kopi Terbaik dan Tak Harus Pagi Hari!

Sajikan Efek yang Optimal, Ini 5 Waktu Minum Kopi Terbaik dan Tak Harus Pagi Hari!--freepik.com

RADARPEKALONGAN Kopi biasanya identik dengan rutininitas pagi hari, terlebih jika disajikan dalam keadaan panas. Namun, pada kenyataannya waktu minum Kopi yang terbaik tidak harus pagi hari.

Memang, kandungan kafein dalam kopi yang mampu meningkatkan kewaspadaan dan fokus seseorang, sehingga sangat tepat untuk diserap di pagi hari agar rasa lesu saat bangun tidur bisa berubah menjadi lebih segar karena secangkir kopi.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa meminum kopi terlalu cepat sesaat setelah bangun tidur,  dapat membuat efek energi dari kafein ini bisa berkurang. Hal itu disebabkan kadar hormon kortisol manusia saat bangun tidur memuncak. 

Hormon kortisol ini berfungsi untuk meningkatkan kewaspadaan dan fokus, mengatus metabolisme, respons kekebalan tubuh, dan tekanan darah. Hormon ini mengikuti siklus tidur-bangn manusia, di mana memuncak sekitar 30-45 menit setelah bangun tidur dan kemudian menurun.

Sehingga, konsumsi kopi secepat setelah bangun tidur hingga 30-45 menit ke depan akan membuat efek yang diberikan berkurang. Waktu minum kopi terbaik di pagi hari justru dalam rentang 2-3 jam setelah bangun.

Lantas, kapan lagi waktu minum kopi terbaik untuk mendapatkan efek yang lebih optimal? Yuk, baca ulasan ini!

Baca juga Tidak Dipanggang! Kenali Fakta Kopi Hijau dan Bedanya dengan Kopi Hitam

1. Pagi Hari (2-3 Jam Setelah Bangun Tidur)

Minum kopi di pagi hari memang bukanlah hal yang baru bagi pecinta kopi. Akan tetapi, jangan melakukannya sesaat setelah bangun. Tunggu sampai 2-3 jam setelah bangun untuk mendapatkan efek menambah energi dari kopi yang lebih optimal dan berguna bagi aktivitas harianmu.

Jangan pula mengonsumsi kopi sebelum sarapan untuk mencegah potensi naiknya asam lambung.

2. Pukul 10-12 Siang

Pada waktu ini, hormon kortisol yang memiliki fungsi menjaga energi dalam tubuh akan terus menurun. Oleh karenanya, ini merupakan waktu minum kopi yang sangat tepat agar kamu bisa menjaga tubuhmu tetap segar.

Hal itu disebabkan antara jam 10-12 merupakan waktu di mana para pekerja sudah mulai lelah beraktivitas menyelesaikan tugas pekerjaannya, minum kopi pada jam-jam ini kemudian juga dikenal dengan istilah coffee break.

3. Seusai Makan Siang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: