Tidak Dipanggang! Kenali Fakta Kopi Hijau dan Bedanya dengan Kopi Hitam

Tidak Dipanggang! Kenali Fakta Kopi Hijau dan Bedanya dengan Kopi Hitam

Tidak Dipanggang! Kenali Fakta Kopi Hijau dan Bedanya dengan Kopi Hitam--depositphotos

RADARPEKALONGAN Kopi hijau tidak melalui proses pemanggangan, sehingga memengaruhi kandungan, rasa, serta aroma dari Kopi jenis ini.

Di Indonesia, kopi hijau atau green coffee belum cukup familier di berbagai kalangan. Kemungkinan besar hanya orang-orang yang benar-benar merupakan pecinta kopi yang mengetahui jenis kopi yang satu ini.

Kopi hijau merupakan jenis kopi pada umumnya, yang membedakannya dengan kopi hitam yang selama ini kamu kenal adalah proses pengolahannya.

Kopi hijau tidak melalui proses pemanggangan sehingga memengaruhi kandungan, rasa, serta aroma dari kopi jenis ini.

Mengingat bahwa kopi hijau belum cukup populer di kalangan masyarakat, artikel ini akan mengulas beberapa fakta kopi hijau yang membedakannya dengan kopi hitam. Yuk, ikuti sampai akhir!

Baca juga 6 Khasiat Kopi Hitam Tanpa Gula, Cegah Diabetes dengan Porsi Konsumsi yang Pas!

Berasal dari Pohon Kopi Biasa

Mungkin kamu sering mendengar pembicaraan tentang biji kopi robusta dan arabika atau bahkan sudah memahami betul tentang perbedaan dari kedua jenis kopi ini.

Nah, berbeda dengan robusta dan arabika, kopi hijau tidak secara khusus harus berasal dari biji kopi tertentu. Kopi ini bisa berasal dari tanaman kopi arabika, robusta, atau jenis biji kopi lainnya.

Perbedaan yang mencolok antara kopi hijau dan kopi hitam adalah rangkaian pengolahannya di mana kopi hijau berasal dari pemetikan buah, pemisahan buah dan biji kopi, serta berbagai proses lainnya untuk memastikan tetap terjaganya kualitas kopi.

Setelah melalui berbagai proses pengolahan tersebut, biji kopi untuk menjadi kopi hijau tidak melalui proses pemangangan atau roasting, melainkan hanya dikeringkan dan langsung dijual.

Tidak Terpengaruh Proses Pemangangan

Proses pemanggangan pada kopi alaminya memproses ratusan senyawa yang kemudian menimbulkan aroma kopi dan rasa yang selama ini kita kenal.

Oleh karenanya, perbedaan cara, durasi, maupun suhu pada proses pemangangan dapat menciptakan rasa yang berbeda pula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: