6 Khasiat Kopi Hitam Tanpa Gula, Cegah Diabetes dengan Porsi Konsumsi yang Pas!

6 Khasiat Kopi Hitam Tanpa Gula, Cegah Diabetes dengan Porsi Konsumsi yang Pas!

Khasiat minum kopi hitam tanpa gula, cegah diabetes dengan porsi konsumsi yang pas-Freepik.com/wirestock-

RADARPEKALONGAN - Meskipun terasa pait dan banyak yang kurang suka, namun ternyata khasiat kopi hitam tanpa gula dapat cegah diabetes, tapi harus tetap dengan porsi konsumsi yang pas.

Seiring dengan populernya kopi yang kian menjadi tren dan gaya hidup masyarakat, muncul banyak varian kopi dengan rasa beragam karena tambahan gula, susu, krim, dan lainnya. Padahal, jenis kopi yang paling banyak memiliki manfaat adalah kopi hitam tanpa gula.

Jika manfaat yang paling populer dari kopi hitam tanpa gula adalah kemampuannya dalam meredakan kantuk karena rasa pahit yang pekat dan kafein di dalamnya, maka itu hanya permukaan luarnya saja.

Sebab, manfaat kopi hitam sangat luas mulai dari meningkatkan daya ingat, menegah Alzheimer, hingga meminimalisir risiko diabetes dan risiko kematian lain.

Berikut merupakan beberapa manfaat kopi hitam tanpa gula yang akan membuatmu semakin termotivasi menyesap kopi untuk alasan kesehatan.

Baca juga Segar dan Creamy, Yuk Kenali 5 Macam Kopi Susu yang Akan Memanjakan Lidahmu!

1. Mencegah Alzheimer

Kandungan dalam kopi yang dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan risiko Alzheimer secara signifikan. Bahkan dalam sebuah studi ditemukan bahwa orang di usia paruh baya yang rutin mengonsumsi tiga hingga empat cangkir kopi dalam sehari memiliki risiko demensia di masa tua yang 65 persen lebih rendah.

2. Menurunkan Risiko Siriosis Hati

Sirioris hati merupakan kondisi di mana terdapat banyak jaringan parut di organ hati sehingga kinerja organ vital ini dapat menurun. Dengan mengonsumsi kopi setidaknya empat cangkir sehari, kamu dapat menurunkan risiko terkena siriosis hati akibat konsumsi alcohol. Penurunannya bisa mencapai angka 30 hingga 80 persen.

3. Mencegah Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson membuat penderitanya kesulitan untuk mengontrol gerak tubuh dan menjaga keseimbangan. Kamu dapat mencegah dirimu mengalami penyakit ini dengan mengonsumsi kopi secara teratur. Konsumsi terhadap minuman ini juga akan membuat penderita Parkinson menjadi lebih baik dalam mengontrol gerakan motoriknya.

4. Meminimalisir Risiko Kanker

Mulai dari risiko kanker payudara, hati, kolorektal, dan jenis kanker lainnya dapat diminimalisir dengan mengonsumsi kopi dengan teratur. Ini karena kopi memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga berperan dalam menangkal radikal bebas yang bertanggung jawab besar dalam memicu munculnya kanker dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: