Segar dan Creamy, Yuk Kenali 5 Macam Kopi Susu yang Akan Memanjakan Lidahmu!

Segar dan Creamy, Yuk Kenali 5 Macam Kopi Susu yang Akan Memanjakan Lidahmu!

Segar dan Creamy, Yuk Kenali 5 Macam Kopi Susu yang Akan Memanjakan Lidahmu!--Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Gemar mengonsumsi kopi dan membutuhkan kandungan kafein di dalamnya untuk menambah energi, tetapi tidak kuat dengan rasa yang terlalu kuat? kopi susu adalah jawaban yang tepat untukmu.

Berbeda dengan kopi hitam yang cenderung pait karena kandungan kopi murninya, kopi susu memiliki cita rasa yang lebih ringan dan creamy.

Kopi jenis ini juga memiliki varian penyajian yang beragam, mulai dari hangat hingga sajian es kopi dingin yang membuatmu mendapatkan sensasi menyegarkan.

Tidak hanya hadir secara murni sebagai campuran kopi dan susu, kopi susu juga sering hadir dengan campuran lain yang beragam dan membuatmu tidak bosan. Mulai dari kopi susu jahe, gula aren, soda, dan lainnya.

Rasa yang ringan dan beragam ini membuat kopi susu sangat populer dan menyesaki daftar menu berbagai kafe bahkan menjadi menu andalan.

Namun, terdapat beberapa jenis kopi susu yang paling umum dan wajib kamu ketahui. Yuk, simak berbagai macam jenis kopi susu yang menyegarkan ini! Siapa tahu bisa menjadi referensimu dalam menikmati secangkir kopi, loh!

Baca juga Tersohor di Indonesia! Inilah 7 Jenis Kopi Paling Terkenal dengan Eksotisme Rasanya

1. Cappuccino

Cappuccino merupakan varian kopi yang berasal dari Italia. Pertama kali muncul sekitar awal tahun 1990-an, cappuccino memiliki kaitan yang sangat erat dengan espresso karena espresso merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan jenis kopi susu ini.

Dalam secangkir cappuccino, terdapat kandungan steamed milk, milk foam, dan kopi yang memiliki kandungan seimbang, yakni dengan rasio 1:1:1. Kandungan yang seimbang ini membuat cappuccino memiliki rasa yang sedikit lebih pahit dan rasa kopi yang lebih kuat dibandingkan dengan jenis kopi susu lain.

Baik dinikmati dingin atau hangat, kamu pasti akan suka dengan sensasi creamy dari milk foam di atas cappuccino.

2. Latte

Secara keseluruhan, latte memiliki komponen penyusun yang sama dengan cappuccino, yakni kopi, milk foam, dan steamed milk. Hanya saja, takarannya berbeda. Rasio antara kopi dan steamed milk dalam latte adalah sebesar 1:3.

Sedangkan milk foam dengan ketebalan 1 cm dituangkan paling akhir dan biasanya permukaan milk foam ini dijadikan ajang kreasi barista untuk membuat latte art.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: