Jumlah Pencari Kerja di Batang Career Capai 13 Ribu

Jumlah Pencari Kerja di Batang Career Capai 13 Ribu

Rakhmat Nurul Fadilah, Kepala Disnaker Batang--

BATANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang mengklaim mampu untuk menuntaskan masalah pengangguran di daerahnya yang kini mencapai sekitar 13 ribu orang dengan memberikan kegiatan pelatihan berbasis kompetensi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Batang, Rakhmat Nurul Fadilah mengatakan, bahwa pihaknya optimistis mampu mengurangi jumlah pencari kerja yang kini mencapai sekitar 13 ribu orang.

"Berdasar data yang tercatat di website Batang Career, jumlah pencari kerja masih ada 13 ribu orang. Oleh karena itu, kami optimistis secara bertahap jumlah pencari kerja akan terus berkurang dengan dibukanya kesempatan kerja di perusahaan di Kawasan Industri Terpadu Batang dan Batang Industrial Park," ungkapnya, Jumat (13/10/2023).

Menurut dia, berdasarkan data menunjukan rata-rata hasil pelatihan kerja sebanyak 65 persen telah membuka usaha sendiri dan masuk dunia kerja. Rincianya, 25 persen telah membuka usaha sendiri dan 40 persen masuk dunia kerja, serta 35 persen tidak melaporkan apakah diterima bekerja di perusahaan atau membuka usaha sendiri.

"Selain itu, belum lama ini ada kabar 50 peserta lulus pelatihan diterima sebagai calon karyawan di sebuah perusahaan besar dan Batang Industrial Park," katanya. 

Ia yang didampingi Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Wahyudi mengatakan pihaknya sudah beberapa kali melakukan pelatihan seperti menjahit, tata boga, dan pangkas rambut pada warga sebagai upaya menyiapkan keahlian dan sumber daya manusia yang akan dibutuhkan perusahaan maupun membuka usaha sendiri.

Kepala Seksi Pembinaan SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 13 Jawa Tengah Nunik Mustika Ning Tyas Runtuweni mengatakan, bahwa lulusan sekolah menengah kejuruan berpeluang besar untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan  termasuk bagi mereka yang ingin berwirausaha.

"60 persen alumni SMK sudah mendapatkan pekerjaan dan 40 persen masih dalam masa tunggu karena masih di bawah umur," tandasnya. (fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: