3 Tanaman Babul yang Belum Banyak Diketahui, Salah Satunya untuk Memutihkan Gigi dan Obat Diare

3 Tanaman Babul yang Belum Banyak Diketahui, Salah Satunya untuk Memutihkan Gigi dan Obat Diare

tanaman babul yang banyak belum diketahui-website-paparuan.co

RADARPEKALONGANDISWAY.ID – Jangan salah, setiap kolektor tanaman belum tentu tahu semua jenis tanaman, salah satunya tanaman babul yang belum banyak diketahui ini. Kamu pasti syok, ternyata tanaman babul adalah tanaman yang multiguna.

Pernahkah kalian mendengar tanaman babul? Pastinya, kalian sering menemukan pohon berduri di sekitar lingkungan kamu. Nah, tanaman babul ini termasuk tanaman berduri juga loh.

Diperkirakan, tanaman babul dapat tumbuh mencapai 12 meter dengan mempertontonkan keunikannya yang berupa bunga kecil berwarna kuning tanpa nektar.

Seringkali disebut pohon gum arabic, tanaman babul juga mempunyai tekstur kulit batangnya yang kasar dan berwarna merah cokelat hingga kehitaman dan daunnya mirip pakis.

Tanaman babul atau bahasa ilmiahnya Acacia nilotica merupakan tanaman yang sering  diabaikan oleh sebagian orang. 

Baca Juga: Muslim Wajib Baca! Inilah 8 Tanaman Bagus Depan Rumah Menurut Islam, Cocok Buat Kamu yang Pemula

Karena tanaman yang berduri, lantas beberapa orang mengabaikannya. Namun, kalian jangan salah, walaupun tak banyak diketahui orang, tanaman babul memiliki manfaat luar biasa yang patut untuk ditelusuri.

Tanaman Babul yang Belum Banyak Diketahui

1. Karakteristik Tanaman Babul

Tanaman babul yang belum banyak diketahui termasuk dalam keluarga Fabaceae yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Lalu, tanaman ini mempunyai keunikannya tersendiri.

  • Daun Majemuk. Keunikan dari tanaman babul memiliki daun majemuk yang terdiri dari beberapa helai daun kecil yang tersusun  teratur pada batangnya. 
  • Bunga babul. Bunga tanaman Babul seringkali berwarna kuning cerah dan bentuknya menarik. Bunga ini merupakan tempat berkumpulnya serangga penyerbuk yang berperan penting dalam penyerbukan.  
  • Buah babul. Setelah berbunga, kalian akan mengetahui bahwa tanaman ini menghasilkan buah kering yang berisi biji kecil. Benih-benih ini memiliki kegunaan komersial yang cukup besar. 

2. Khasiat Tanaman Babul

Salah satu hal yang menarik dari tanaman babul  adalah penggunaannya dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Kalian juga harus tahu apa saja tanaman babul bisa diambil manfaatnya. 

  • Perawatan gigi dan gusi.Tanaman Babul mengandung senyawa tanin yang bermanfaat dalam perawatan mulut dan gigi. Kulit kayu dan dahannya sering digunakan untuk memperkuat gigi dan menghentikan radang gusi serta  memutihkan gigi. 
  • Pengobatan diare. Kulit batang dan daun tanaman Babul mengandung senyawa yang dapat membantu mengatasi masalah diare. Sifat antimikroba dan anti inflamasi pada tanaman ini membantu mengurangi gejala diare. 
  • Pengobatan tradisional. Tanaman ini digunakan dalam banyak pengobatan tradisional di seluruh dunia, termasuk  perut, demam, dan gangguan pencernaan. 

3. Manfaat Industri

Selain tanaman babbul bermanfaat bagi kesehatan, tanaman babul yang banyak belum diketahui mempunyai peranan penting dalam dunia industri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: