Kamu Masih Awam Dengar Ini? Komponen Transmisi Otomatis pada Mobil Matic

Kamu Masih Awam Dengar Ini? Komponen Transmisi Otomatis pada Mobil Matic

Tuas transmisi pada mobil Wuling Alvez--https://wuling.id/id

RADARPEKALONGAN - Komponen transmisi otomatis adalah jajaran komponen penggerak sebuah transmisi yang ada di dalam mobil matic, sehingga dapat membuat mobil matic dapat bergerak maju, mundur, hingga berjalan di tanjakan.

Mobil matic sejatinya memiliki tuas transmisi yang berbeda dengan mobil dengan transmisi manual.

Transmisi yang ada pada mobil matic bisa dibilang untuk cara mengoperasikannya lebih simpel dibanding dengan mobil manual. Meskipun begitu, perawatan transmisi pada mobil matic justru lebih mahal.

Transmisi otomatis sendiri adalah sistem transmisi yang dapat melakukan perpindahan gigi percepatan pada persneling secara otomatis.

BACA JUGA:Daftar Contoh Mobil Manual yang Cocok Buat Pemula, Keluaran Tahun 90an Lebih Menggiurkan

Guna mengubah tingkat kecepatan pada sistem transmisi otomatis, maka digunakanlah mekanisme gesek dan tekanan minyak pada transmisi secara otomatis.

Berikut kami paparkan secar lengkap tentang komponen transmisi otomatis pada mobil matic.

Komponen Transmisi Otomatis pada Mobil Matic

1. Brake

Komponen transmisi otomatis pertama pada mobil matic yaitu brake. Komponen ini berada pada planetary gear yang dapat bergerak guna mendapat perbandingan gear persneling.

Komponen ini dioperasikan oleh tekanan hidrolik serta memiliki dua jenis yaitu wet multiple disc brake dan type brake.

2. Torque Converter

Komponen tranmsisi otomatis kedua pada mobil matic yaitu Torque Converter. Komponen ini berisi minyak transmisi otomatis yang fungsinya untuk memperbesar momen mesin guna diteruskan pada bagian transmisi.

Kemudian kopling otomatis dapat memindah ataupun memutus momen mesin terhadap transmisi, memperlembut suara mesin, meredam getaran mesin, serta menggerakkan pompa oli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: