Penderita Hipertensi Wajib Baca Ini! Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah yang Ampuh dalam 10 Menit

Penderita Hipertensi Wajib Baca Ini! Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah yang Ampuh dalam 10 Menit

Cara alami menurunkan tekanan darah -ilustrasi pijat akupresur-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Tahukah kamu ada banyak cara alami menurunkan tekanan darah. Sehingga ketika kamu merasakan gejala darah tinggi, kamu tak perlu terburu-buru ke rumah sakit atau meminum obat.

Beberapa gejala seseorang mengalami darah tinggi adalah sering mengalami sakit pada belakang kepala, vertigo, mudah lelah, sesak napas, dan lain-lain.

Sementara itu, naiknya tekanan darah ini biasanya disebabkan oleh stres, kurang tidur, obesitan, dan penyakit lain.

Lantas bagaimana cara alami mengatasi tekanan darah tinggi? Adapun cara alami menurunkan tekanan darah yakni sebagai berikut

BACA JUGA:Makanan untuk Orang Sakit Lemas Mulai dari Tahu Sampai Buah-buahan

BACA JUGA:Daftar 6 Buah untuk Menurunkan Hipertensi dengan Segala Kandungannya, Rekomendasi untuk Pasien Darah Tinggi

1. Mengonsumsi Air Kelapa

Cara alami menurunkan tekanan darah yang pertama adalah dengan menginsumsi air kelapa minimal 1 buah/hari. Dalam beberapa kasus, tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh.

Kondisi tersebut lebih dikenal dengan nama dehidrasi. Nah, ketika dehidrasi, volume darah dalam tubuh kamu akan turun dan sebaliknya tekanan darah akan menjadi naik.

Oleh karena itu, setiap kali kamu mulai merasakan dehidrasi, minumlah air kelapa sesegeran mungkin. Tidak hanya digunakan sebagai penangkal dehidrasi saja loh.

Air kelapa juga mengandung kandungan kalium yang tinggi dan natrium rendah yang berperan penting dalam mengontrol tekanan darah.

BACA JUGA:Kaya akan Vitamin, 10 Buah untuk Menghilangkan Pusing Saat Hamil agar Badan Tak Lemas

BACA JUGA:Ini Dia 8 Jus Buah untuk Menghilangkan Lemas dan Kepala Pusing

Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan pada penderita darah tinggi juga menunjukkan hasil bahwa air kelapa mampu menurunkan tekanan darah tinggi hingga 71%.

2. Latihan Pernapasan Mendengung

Ada berbagai macam jenis pernapasan yang memiliki manfaat dalam menurunkan darah tinggi, salah satunya adalah melatih teknik pernapasan mendengung.

Latihan ini akan membantu kamu secara langsung dalam menenankan pikiran dan menyingkirkan sakit kepala dan migrain yang terkait dengan penyakit hipertensi.

Untuk caranya sendiri, kamu dapat melakukan teknin duduk dalam posisi nyaman dengan punggung lurus. Kemudian, tempatkan jari telanjang di lutut rawan kedua telinga dan ambil napas dalam-dalam secara perlahan.

BACA JUGA:Inilah 5 Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Darah Tinggi, Efektif Bantu Turunkan Tekanan Darah

BACA JUGA:Begini 8 Cara Ampuh Atasi Rasa Capek dan Lemas dengan Ekstrak Multivitamin Jus Buah

Ketika kalian mengeluarkan napas, buatlah bunyi berdengung seperti seekor lebah dan berikan tekanan ringan pada tulang rawan telinga secara bersamaan.

Kalian dapat mengulamgi latihan ini 7 kali/hari, agar amarah kamu bisa terkontrol, dan tekanan darah pun menjadi stabil.

3. Memijat Leher dan Telinga

Cara yang selanjutnya ialah memijat leher dan telinga. Ternyata memijat leher dan telinga di beberapa titik dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dalam 10 menit loh.

Sebab, dengan memijat bagian-bagian tersebut akan memberikan efek meredakan ketegangan pada otot leher dan mengembalikan alirah darah dalam tubuh.

BACA JUGA:Enak dan Bermanfaat! 4 Buah untuk Meredakan Darah Tinggi Lengkap dengan Kandungan di Dalamnya

BACA JUGA:Sering Merasa Lemas Tidak Karuan? Ini 7 Jus Buah Segar untuk Tingkatkan Stamina Tubuh

Untuk pengaplikasiannya sendiri yang pertama, temukan terlebih dahulu titik pertama dibelakang telinga dan raba ke arah bawah. Kemudian titik ke dua terletak di tengah tulang selangka.

Dengan menggunakan jari-jari tangan, pijat leher dengan lembut dari atas ke bawah melalui garis tersebut. Ulangi langkah tersebut 10 kali di kedua sisi leher.

Titik ketiga sendiri terletak sekitar setengah cm dari daun telinga. Kamu bisa memijat titik tersebut pada kedua sisi dengan ujung jari selama kurang lebih 3 menit dalam gerakan berlawanan jarum jam.

4. Melakukan Akupresur

Kamu merasa sakit kepala yang berlebih pada bagian belakang kepala? Atau kamu merasakan Vertio? Hati-hati, bisa jadi itu merupakan gejala tenakan darah naik loh.

BACA JUGA:Ampuh dan Berhasil! Inilah 9 Latihan Kardio untuk Membakar Lemak dan Mengecilkan Perutmu dalam Waktu Singkat

BACA JUGA:Mudah Dibuat! Inilah 4 Resep Jus Penurun Darah Tinggi yang Enak dan Menyegarkan

Nah, salah satu titik akupresur bernama GB20 atau Wind Pool merupakan cara paling efektif untuk menurunkan tekanan darah. Lantas bagaimana cara melakukan Wind Pool tersebut?

Untuk melakukan GB20 atau Wind Pool ini yakni cukup tempatkan kedua ibu jari kamu di pangkal tengkorak. Kemudian aktifkan kedua titik tersebut secara bersamaan dengan menekan titik tersebut dengan mantap namun ringan selama kurang lebih 5 menit.

Setelah melakukan langkah tersebut, dalam satuatau dua menit kamu akan merasa bahwa sakit kepala karena tekanan darah yang tidak terkontrol menjadi jauh lebih baik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: