Bumil Wajib Tahu! Rekomendasi 5 Jus Penurun Darah Tinggi saat Hamil, Dijamin Tekanan Darah Cepat Normal

Bumil Wajib Tahu! Rekomendasi 5 Jus Penurun Darah Tinggi saat Hamil, Dijamin Tekanan Darah Cepat Normal

jus penurun darah tinggi saat hamil-ilustrasi jus berry -Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui jus penurun darah tinggi saat hamil. Sebab, seperti diketahui saat hamil ibu rentan mengalami berbagai kondisi, salah satunya adalah hipertensi atau darah tinggi.

Ketika ibu hamil mengalami kondisi tersebut sebaiknya segera diatasi agar tidak menjadi suatu hal yang tidak diinginkan untuk diri ibu dan janin.

Selain itu, pada saat ingin menurunkan tensi darah, sebaiknya perhatikan produk atau bahan yang mana aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Begitupun dengan jus untuk menurunkan tensi darah pada ibu hamil ini.

Lantas apa saja ya kira-kira jus penurun darah tinggi saat hamil ini? Berikut ini daftar jus untuk menurunkan tensi darah yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil.

BACA JUGA:7 Produk Obat Menurunkan Tensi yang Bagus dan Efektif di Apotek, Mulai yang Murah hingga Mahal

BACA JUGA:Catat Ini! Waktu yang Tepat Berolahraga Bagi Pengidap Hipertensi, Khususnya Usia di atas 65 Tahun

1. Jus Buah Berry

Jus penurun darah tinggi saat hamil yang pertam adalah jus buah berry. Jenis buah ini antara lain, blackberry, blueberry, strawberry, dan lain sebagainya.

Sudah sejak lama, buah berry ini dikenal memiliki kadar nutrisi yang tinggi. Buah yang memiliki rasa asam yang menyegarkan ini kaya akan kandungan Vitamin C, serat, mineral dan nutrisi lainnya yang baik untuk memenuhi nutrisi saat hamil.

Selain dapat menurunkan tensi darah, jus buah berry yang menyegarkan ini memiliki manfaat lain. Mulai dari membantu fungsi jantung, mampu mengembangkan otak dan sistem saraf janin, serta merangsang aktivitas mental dan ingatan ibu dan janin.

2. Jus Plum

Meski dikenal sebagai jus untuk membantu meringankan sembelit, jus plum ini juga dapat digunakan untuk menurunkan tensi darah saat hamil.

BACA JUGA:Yuk Dicoba! 6 Jenis Olahraga untuk Menurunkan Tensi Darah yang Aman Dilakukan Semua Kalangan

BACA JUGA:Baca Ini! 5 Titik Pijat Akupresur untuk Menurunkan Tekanan Darah yang Aman untuk Penderita Hipertensi

Menurut penelitian yang di publikasikan di Journal of Ayub Medical College. Peneliti membandingkan tiga kelompok. Satu kelompok memakan tiga buah plum per hari, kelompo kedua enak buah plum per hari, dan kelompok terakhir tidak makan buah plum sama sekali.

Para peneliti melaporkan penurunan tekanan darah yang signifikan di antara orang-orang yang makan satu dosis tiga buah plum per hari.

Sementara itu, orang yang makan enam buah plum per hari mengalami penurunan tekanan darah sistolik tambahan. Selain itu, dosis tiga dan enam prune ditemukan juga menurunkan kolesterol LDL. Untuk memanfaatkan efek ini, kalian pada ibu hamil bisa mengonsumsi segelas jus prune 100 persen atau buat sendiri jus plum di rumah.

3. Jus Pisang

Buah pisang dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Sebab, selain kaya akan serat, buah ini juga memiliki nutrisi lain seperti magnesium, Vitamin B6, asam amino, dan mangan yang baik untuk ibu hamil.

BACA JUGA:Tensi Darah Tinggi Bisa Normal Kembali! Inilah 4 Obat Darah Tinggi Alami yang Mudah Ditemukan di Sekitar

BACA JUGA:6 Obat Alami untuk Menurunkan Tensi Darah, Penderita Hipertensi Harus Tahu Ini

Maka dari itu, tak heran jika jus pisang ini merupakan salah satu jenis jus penurun darah tinggi saat hamil.

Karena nutrisi itulah yang dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan sistem saraf. Sehingga juga akan membantu menurunkan kecemasan yang akhirnya berpengaruh pada menurunnya tekanan darah pada ibu hamil.

4. Jus Buah Bit

Jus penurun darah tinggi saat hamil yang selanjutnya adalah jus buah bit. Hal ini dikarenakan, buah bit ini memiliki kandungan kalium dan nitart yang diyakini mampu membuat arteri menjadi lebih longgar.

Sehingga secara langsung juga dapat membuat peredaran darah menjadi lebih lancar yang mana dapat menormalkan kembali tekanan darah tinggi secara cepat.

BACA JUGA:9 Jenis Makanan untuk Menurunkan Darah Tinggi yang Wajib Dikonsumsi Penderita Hipertensi

BACA JUGA:Daftar 6 Buah untuk Menurunkan Hipertensi dengan Segala Kandungannya, Rekomendasi untuk Pasien Darah Tinggi

Agar aroma buah ini tidak terlalu menyengat, bunda bisa mengkombinasikan jus buah bit dengan buah lezat lainnya, seperti jambu merah atau buah naga.

Untuk pemanisnya sendiri, bunda juga bisa menambahkan madu.

5. Jus Delima Merah

Tidak hanya kaya akan nutrisi seperti folat dan Vitamin C, buah delima merah ini juga memiliki efek anti inflamasi yang kuat. Maka dari itu, tak heran jika jus buah delima merah ini dapat berkontribusi pada penurunan tensi darah dan kesehatan jangtung pada ibu hamil.

Mengutip Journal of Pharmacological Research, ditemukan bahwa mengonsumsi jus delima dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Efek pada tekanan darah sistolik tidak tergantung pada berapa lama partisipan mengonsumsi jus delima dan seberapa banyak.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 5 Jenis Obat untuk Menurunkan Darah Tinggi yang Direkomendasikan Dokter

BACA JUGA:8 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi Penderita Hipertensi

Oleh karena itu, disarankan untuk para bunda setidaknya mengonsumsi 20 ml jus buah delima merah ini untuk menurunkan tekanan darah diastolik.

Nah, jika bunda ingin menambahkan jus ini ke dalam menu harian, pastikan bunda menggunakan jus delima 100% tanpa tambahan gula. Jika ingin terasa manis, bunda bisa menambahkan madu secukupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: