600 Atlet Ikuti Kejuaraan Tarkam Tingkat Kabupaten Pekalongan

600 Atlet Ikuti Kejuaraan Tarkam Tingkat Kabupaten Pekalongan

Perwakilan Kemenpora RI dan Sekda M Yulian Akbar membuka Kejuaraan Tarkam tingkat Kabupaten Pekalongan di Alun-alun Kajen.-Hadi Waluyo-

KAJEN - Sebanyak 600 atlet ikuti kejuaraan antar kampung (tarkam) tingkat Kabupaten Pekalongan. kejuaraan tarkam berlangsung mulai tanggal 23 hingga 25 Oktober 2023, dengan lokasi tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Pekalongan.

Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pekalongan Sugino, menjelaskan, cabang olahraga yang dilombakan akan tersebar di beberapa titik. Seperti atletik akan berlangsung di Stadion Widya Manggala Krida Kedungwuni, bulu tangkis di GOR Mugi Lancar Karanganyar, dan bola voli di Alun-Alun Kajen.

Dikatakan, tujuan utama dari kejuaraan tarkam ini adalah mencari bibit-bibit atlet berprestasi.

"Melalui prestasi olahraga, kita akan meningkatkan martabat Kabupaten Pekalongan di tingkat daerah, regional, bahkan nasional. Prestasi olahraga juga akan membantu mengangkat martabat bangsa kita," kata dia.

Baca juga:Polres Pekalongan Gelar Minton Kamtibmas, Bangun Kekompakan Melalui Olahraga Menjelang Pemilu 2024

Kejuaraan tarkam dibuka oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) diwakili oleh Analis Kebijakan Ahli Utama Imam Gunawan dan Tenaga Ahli Luhur Dewanthono. Pembukaan berlangsung secara simbolis dengan prosesi pengguntingan balon dan penyerahan bola voli di Alun-alun Kajen, Senin, 23 Oktober 2023.

Selain membuka tarkam, pada kesempatan itu Sekda M Yulian Akbar bersama Analis Kebijakan Ahli Utama Kemenpora RI Imam Gunawan dan Tenaga Ahli Kemenpora RI Luhur Dewanthono secara simbolis juga melakukan penyerahan penghargaan kepada atlet berprestasi. 

Dalam penyerahan tersebut, Pemkab Pekalongan memberikan penghargaan kepada 82 atlet berprestasi dan 18 pelatih dengan total penghargaan sebesar Rp101 juta. Tujuannya untuk meningkatkan pembinaan dan akses olahraga yang berkesinambungan, sehingga para atlet dapat meraih prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Bupati Pekalongan melalui Sekda Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Kemenpora RI atas kepercayaan yang diberikan kepada Kabupaten Pekalongan untuk menjadi tuan rumah kejuaraan tarkam.

Baca lagi:32 Tim Ramaikan Turnamen Sepakbola Karangsari Cup 2023, 3 Unit Motor Disiapkan untuk Doorprize

"Kami sangat bersyukur karena di Jawa Tengah hanya terdapat tiga wilayah penyelenggara kejuaraan tarkam, yaitu Pekalongan, Kendal, dan Kebumen. Kami ucapkan terima kasih," ujarnya.

Ia berharap agar upaya pembangunan sektor olahraga dan pemuda di Kabupaten Pekalongan tidak akan berhenti hanya pada penyelenggaraan kejuaraan tarkam saja namun dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan lagi. 

Bupati melalui Sekda Akbar dalam kesempatan itu memberikan pesan kepada semua peserta kejuaraan tarkam untuk dapat berkompetisi dengan sebaik-baiknya sehingga tujuan dari kegiatan tersebut dapat tercapai.

"Saya harap semua peserta mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan sportivitas yang tinggi. Tujuan utama kegiatan ini adalah mencari bibit-bibit atlet yang unggul. Semoga kita dapat mencapainya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: