Petir Sambar Pohon Durian, 2 Penebas Durian di Kabupaten Pekalongan Tewas

Petir Sambar Pohon Durian, 2 Penebas Durian di Kabupaten Pekalongan Tewas

Pohon durian di Dukuh Doromantek Desa Dororejo Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan yang disambar hingga mengakibatkan dua penebas durian meninggal dunia.-Tangkapan layar media sosial.-

KAJEN - Dua penebas durian di Kabupaten Pekalongan tewas akibat pohon yang dipanen buahnya tersambar petir di kebun durian di Dukuh Doromantek Desa Dororejo Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan, Selasa sore, 24 Oktober 2023. 

Kedua penebas buah durian yang tewas tersambar petir bernama Suroso (59), warga Dukuh Doromantek RT 2 RW 1 Desa Dororejo Kecamatan Doro dan Lukman (47), warga Desa Mesoyi Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan. Lukman asli dari Desa Dororejo, namun menikah dengan orang dari Mesoyi.

Kepala Desa Dororejo Alimin, Rabu, 25 Oktober 2023, menerangkan, pada hari Selasa, 24 Oktober 2023, sekitar pukul 14.30 WIB, wilayah Kecamatan Doro diselimuti mendung hitam disertai angin kencang. Hujan pun turun pada sore harinya. 

"Habis Ashar ada petir yang menyambar pohon durian di kebun di Dukuh Doromantek," terang Kades Dororejo Alimin.

Baca juga:Tratak dan Stan Kejuaraan Tarkam Tingkat Kabupaten Pekalongan Ambruk Dihajar Angin Kencang

Apesnya, di atas pohon setinggi sekitar 40 meter itu ada dua orang yang tengah memanen buah durian. Yakni Suroso dan Lukman. Keduanya pun terjatuh ke bawah saat petir menyambar pohon durian tersebut.

"Saat terjatuh masih hidup. Namun proses evakuasinya sulit. Lokasi durian seluas 11 hektare dekat tanah bengkok saya ini jaraknya sekitar 1 kilometer dari jalan desa. Aksesnya hanya jalan setapak," terang dia.

Setelah dievakuasi dari kebun durian, keduanya lalu dibawa dengan mobil siaga desa setempat ke fasilitas kesehatan terdekat. Namun, nyawa keduanya sudah tidak tertolong.

"Lokasinya kebun duriannya memang jauh sekitar 1 kilometer dengan kondisi jalan hanya setapak. Kedua korban ini memang penebas buah durian. Jualan durian mereka," kata dia.

Baca lagi:Hendak ke Sawah, Petani Tewas Tersambar Petir

Menurutnya, pada saat pohon durian dimana korban sedang panen buah di atasnya itu disambar petir ada warga lainnya yang juga berada di kebun itu. Bahkan, orang ini sempat menasehati kedua korban untuk turun dari atas pohon karena cuaca mendung dan ada petir. 

"Sebelahnya ada juga orang yang baru turun dari pohon durian. Keduanya sudah dinasehati untuk turun dari atas pohon karena sudah mendung dan ada petir. Namun keduanya tak menghiraukannya," terang Alimin.

Ternyata omongan orang itu benar. Setelah orang tadi sampai di gubuk di tengah kebun durian, petir menyambar pohon durian dimana kedua orang korban berada di atasnya. 

Menurutnya, korban Suroso sudah dimakamkan di tempat pemakaman umum desa setempat pada Selasa sore. Sedangkan korban Lukman rencananya akan dimakamkan pada Rabu pagi ini. Sebab masih menunggu anaknya yang di pondok pesantren pulang. "Ini saya baru saja ngaji di pemakaman almarhum Suroso," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: