Sudah Masuk Musim Hujan, Inilah Tips Aman Berkendara Ketika Musim Hujan, Kamu Wajib Tahu!

Sudah Masuk Musim Hujan, Inilah Tips Aman Berkendara Ketika Musim Hujan, Kamu Wajib Tahu!

Mobil tua kehujanan--Instagram

RADARPEKALONGAN – Di beberapa daerah di tanah air hujan sudah mulai sering turun, artinya kamu perlu tips aman berkendara ketika musim hujan.

Jika dibandingkan ketika musim kemarau, berkendara di musim hujan pengemudi harus lebih fokus dan memiliki konsentrasi penuh.

Sebab ketika memasuki musim hujan, biasanya jalan akan berubah semakin licin serta banyak ditemukan genangan air yang cukup tinggi.

Apalagi biasanya ketika hujan, jarak pandang juga menjadi lebih terbatas, karena terkena serangan air hujan.

Nah agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu perlu mengetahui tips aman berkendara ketika musim hujan ini, simak sampai selesai ya guys, demi keselamatanmu.

BACA JUGA:Pantas Dimiliki, Inilah Mobil Diesel Murah Terbaik, Kamu Harus Punya di Rumah!

Mengurangi kecepatan kendaraan

Tips aman berkendara ketika musim hujan pertama yang harus kamu lakukan adalah, mengurangi kecepatan kendaraanmu.

Jalan yang diguyur air hujan, biasanya mengurangi traksi dan juga jarak pengereman, jadi sangat penting sekali untuk memperlambat atau mengurangi laju kendaraanmu ketika musim hujan tiba.

Menjaga jarak aman

Ketika musim hujan, butuh waktu yang lebih lama jika kamu ingin berhenti di jalan basah, jadi pastikan untuk menyisakan ruang cukup antara kendaraanmu dengan kendaraan di depanmu, jangan sampai menabraknya.

BACA JUGA:Harga Mulai 70 Jutaan, Inilah Mobil Listrik Murah di Indonesia, Yakin Gak Tertarik?

Menggunakan sinar lampu rendah

Sinar lampu yang terlalu tinggi dapat memantulkan tetesan air hujan, sehingga menjadikannya sulit sekali untuk dilihat, oleh karenanya usahakan untuk menggunakan sinar lampu rendah.

Menghindari genangan air

Jika kamu melihat didepanmu ada genangan air, usahakan untuk menghindarinya, sebab genangan air ini dapat menyebabkan hydroplaning.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: