Cara Menyimpan Bawang Merah Agar Tak Lekas Membusuk

Cara Menyimpan Bawang Merah Agar Tak Lekas Membusuk

Cara menyimpan bawang merah.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Bawang merah harus disimpan dengan baik, agar tak lekas membusuk. Pasalnya, cara menyimpan yang salah menjadikannya cepat membusuk, atau cepat bertunas.

Jangan simpan bawang merah secara asal, karena aneka jenis bawang umumnya akan cepat bertunas atau bahkan busuk. Emak-emak bisa rugi jika bawang merah yang dibeli membusuk sehingga tak bisa dipakai untuk bumbu masak.

Agar tak menyesal, mari simak bersama cara menyimpan bawang merah agar tak lekas membusuk. Caranya mudah dan tidak ribet.

Bawang merah hampir digunakan setiap kali memasak. Bahkan hampir tiap hari jika ibu-ibu masak menggunakan bawang merah. Untuk itu, pastikan bawang merah yang terbeli disimpan dengan benar agar tahan lama.

Baca juga:5 Cara Kupas Bawang Merah Tanpa Menangis, Mudah Dipraktikkan

Inilah cara menyimpan bawang merah agar awet, tak lekas membusuk dan tidak cepat bertunas.

1. Pisahkan dengan bumbu lainnya

Pisahkan tiap-tiap jenis bahan masakan saat akan menyimpannya. Sebab, tiap bahan masakan seperti bumbu dan sayuran bisa mengeluarkan aneka gas atau zat saat disimpan.

Dengan dipisah, penguapan gas dari sayuran lain tidak memengaruhi kualitas bawang yang kita simpan. Pasalnya, gas dari sayuran ada yang bisa membuat bahan makanan menjadi cepat busuk sehingga kurang awet saat disimpan.

2. Simpan dalam wadah terbuka

Saat belanja, pastikan kualitas bawang merah masih bagus dengan kondisinya segar. Sesampainya di rumah, keluarkan bawang merah dari plastik kemasannya. Sebab, jika dibiarkan tetap di dalam wadah plastik, maka bisa membuat bawang lembap dan jadi tumbuh tunas atau bahkan membusuk. 

Jika kalian membeli bawang dalam kondisi utuh, simpan bawang merah di wadah terbuka dan tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas. Usahakan bawang tidak ditumpuk terlalu banyak. 

Gunakan wadah yang lebar dan bentuknya seperti jaring-jaring, misalnya tampah. Tujuannya agar bawang mendapatkan sirkulasi udara dengan baik, sehingga tidak akan lembap.

Baca lagi:Ini Dia 7 Manfaat Konsumsi Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Kencangkan Kulit Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: