Mengenal tentang Diet DASH, Benarkah Diet yang Satu ini Dapat Mencegah Tekanan Darah Tinggi?

Mengenal tentang Diet DASH, Benarkah Diet yang Satu ini Dapat Mencegah Tekanan Darah Tinggi?

Diet DASH-Proostoleh/freepik.com-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Dari berbagai macam jenis diet, ada salah satu jenis yang dikenal dengan nama diet DASH. Nah diet ini sangat dianjurkan untuk para penderita hipertensi atau siapapun yang rawan mengalami tekanan darah tinggi.

Diet sendiri bukanlah satu hal yang asing ya, banyak orang yang kini melakukannya. Namun dari banyaknya tujuan diet ini, paling banyak orang-orang fokus melakukannya untuk menurunkan berat badan dan mendpatkan bentuk badan yang ideal.

Namun pada kenyataannya diet ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, salah satunya yaitu untuk mengatasi gejala hipertensi. Nah diet ini populer disebut dengan diet DASH. 

Apa Sebenarnya Diet DASH ini?

Diet DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension adalah salah satu pola makan sehat yang digunakan untuk mencegah beberapa penyakit, seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi atau angka tensinya lebih dari 140/90 mmHg. 

BACA JUGA:8 Makanan Rendah Lemak untuk Diet, Cocok untuk Mengurangi Berat Badan

BACA JUGA:6 Minuman Diet yang Segar Membuat Tampilan Langsing dan Bugar, Perut Buncit jadi Rata

Nah pola makan yang digunakan pada diet ini adalah dengan mengurangi konsumsi garam atau natirum, dan memperbanyak serat, protein, serta mineral.

Sebenarnya pada diet ini tidak hanya garam saja yang dikurangi, namun gula dan lemak jenuh juga perlu dikurangi porsinya pada makanan kita. Nah bagaimana untuk melakukan diet DASH ini? Simak penjelasannya di bawah ini:

Cara Diet DASH

1. Kurangi konsumsi garam

Makanan yang mengandung garam atau natrium sebaiknya mulai dihindari. Nah seperti contohnya yaitu makanan cepat saji, makanan kaleng atau kemasan yang mengandung banyak sekali MSG. 

Kelebihan natrium membuat tubuh mengalami kelebihan air, dan saat air tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal dengan baik, maka volume dalam darah akan meningkat. Jadi sebaiknya konsumsi garam tidak lebih dari 5 gram sehari atau setara satu sendok teh kecil saja.

BACA JUGA:7 Makanan Diet Sehat Rendah Kalori, Tidak Akan Membuat Kamu Gemuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: