Pernah Miskin! Ini 3 Daftar Pengusaha Sukses yang Bisa Jadi Inspirasi Untukmu

Pernah Miskin! Ini 3 Daftar Pengusaha Sukses yang Bisa Jadi Inspirasi Untukmu

Pernah Miskin! Ini 5 Daftar Pengusaha Sukses yang Bisa Jadi Inspirasi Untukmu--freepik.com

RADARPEKALONGAN - Tidak menjadi jaminan bahwa orang sukses selalu berasal dari keluarga kaya. Di Indonesia, eksistensi pengusaha sukses yang berasal dari keluarga kurang berada bukanlah hal yang langka lagi.

Tumbuh dari lingkungan keluarga yang tidak mampu justru membuat pengusaha tertempa hidupnya oleh kesulitan dan kepahitan hidup.

Mereka terdorong untuk bekerja dengan lebih keras dan mengubah perekonomian keluarga menjadi lebih sejahtera.

Untukmu yang masih ragu memulai usaha karena merasa tidak memiliki hak istimewa dalam hal ekonomi.

Artikel ini akan menyajikanmu beberapa profil pengusaha sukses yang berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah sebagai inspirasi untukmu.

Penasaran siapa saja yang ada dalam daftar pengusaha sukses tersebut? Yuk, simak artikel ini sampai akhir!

1. Eka Tjipta Widjadja

Eka Tjipta Widjaja merupakan pendiri Sinar Mas Grup dengan gurita bisnis di bawahnya yang bergerak di berbagai bidang mulai dari keuangan, telekomunikasi, dan infrastrutur.

Siapa sangka, Eka dengan kesuksesannya yang gemilang ini ternyata memulai bisnisnya dari nol sebagai seseorang yang berasal dari keluarga tidak berpunya.

Eka merupakan imigran asal Tiongkok yang lahir dengan kondisi ekonomi serba kekurangan. Saat usia 9 tahun, dia tiba di Makassar dan membantu membayar hutang kedua orang tuanya dengan berjualan biscuit, permen, dan produk dagangan lainnya.

Pengusaha sukses yang satu ini bahwkan tidak mampu menyelesaikan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dan hanya tamat SD.

Meski begitu, Eka terus gigih dengan tekadnya untuk mengubah nasib hingga berhasil mendirikan pabrik yang mulanya fokus memproduksi natrium bikarbonat.

Seiring berkembangnya bisnis tersebut, perusahaan Eka beralih memproduksi kertas pertama yang bernama Sinar Mas dan terus melakukan ekspansi.

Salah satu pencapaian Eka adalah diakuinya ia sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia dalam daftar Forbes 2018 Indonesia’s 50 Richest Net Worth. Ia berada di urutan ketiga dengan nilai kekayaan sebesar 8,6 miliar US Dollar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: