Dirikan Gojek, Ini 4 Kunci Sukses Nadiem Makarim Hingga Jadi Pengusaha Terinovatif se-Asia

Dirikan Gojek, Ini 4 Kunci Sukses Nadiem Makarim Hingga Jadi Pengusaha Terinovatif se-Asia

Dirikan Gojek, Ini 5 Kunci Sukses Nadiem Makarim Hingga Jadi Pengusaha Terinovatif se-Asia--instagram/@nadiemmakarim

RADARPEKALONGAN - Nama Nadiem Makarim tidak lagi asing di Indonesia, terlebih sejak sosoknya tampil sebagai pendiri perusahaan startup dengan Gojek.

Dengan kunci sukses Nadiem Makarim, dia juga meraih penghargaan tahunan dari Nikkei Prize Asia dalam kategori Inovasi Ekonomi dan Bisnis di Tokyo, Jepang, pada tanggal 19 Mei 2019 lalu.

Sepanjang sejarah, Nadiem merupakan penerima penghargaan termuda di Nikkei Asia Prize. Dia juga menjadi orang Indonesia pertama yang berhasil meraih penghargaan prestisius pada kategori ini.

Nadiem mampu meraih penghargaan ini karena kontribusinya dalam memberikan layanan kepada masyarakat Indonesia dan kawasan Asia melalui Gojek yang dia dirikan, kembangkan, dan juga kelola.

Hingga kini, Gojek telah berkembang menjadi aplikasi super atau superapp, platform mobile on-demand yang beroperasi di lima negara dan lebih dari 204 kota dan kabupaten di Asia Tenggara.

Lantas, apa kunci sukses Nadiem Makarim yang mengantarkannya kepada pencapaian besar ini? Baca artikel selengkapnya untuk bisa belajar dari Nadiem Makarim dalam membangun dan mengembangkan bisnis.

Baca juga Baru Memulai Bisnis? Ini 5 Tips Wirausaha Sukses untuk Jadi Panduanmu

1. Peka Terhadap Sekitar

Siapa sangka, bahwa awal mula tercetusnya Gojek berawal dari sebuah percakapan antara Nadiem dengan seorang tukang ojek?

Dulu, Nadiem Makarim senang menggunakan ojek sebagai moda transportasi yang dia andalkan dalam aktivitas kesehariannya. Hingga suatu ketika, dia melakukan perbincangan dengan tukang ojek, dan mengetahui cerita bahwa sebagian besar waktu yang dihabiskan oleh tukang ojek adalah untuk menggu penumpang di pangkalan bersama rekan sesama tukang ojek lainnya.

Cerita dari sang penarik ojek ini mampu menginspirasi Nadiem Makarim dan membuatnya punya ide cemerlang untuk menciptakan sebuah bisnis moda transportasi dengan digital dan dapat diakses dengan mudah secara online.

Terbukti bahwa berawal dari kepekaan pada lingkungan inilah Nadiem Makarim memulai bisnis sukses perusahaan Gojek yang kini dikenal dan digunalan oleh masyarakat luas melalui aplikasi Gojek.

2. Gigih Memulai dari Nol

Gojek tidak langsung sebesar sekarang ketika Nadiem pertama kali mencetuskannya. Berawal dari 20 mitra driver dan melakukan promosi dari keluarga dekat hingga kerabat, Nadiem Makarim membangun Perusahaan Gojek dari nol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: