Penyebab dan Ciri Mata Katarak, Tidak Hanya Terjadi pada Usia Lanjut, Anak Muda Juga Bisa Terkena

Penyebab dan Ciri Mata Katarak, Tidak Hanya Terjadi pada Usia Lanjut, Anak Muda Juga Bisa Terkena

Penyebab dan Ciri Mata Katarak--freepik.com/master1305

Katarak jenis ini disebut katarak kongenital. Seorang anak dapat terlahir dengan katarak karena kesalahan genetik yang membuat lensa mata berkembang tidak normal.

Karakteristik Mata Katarak

Mata katarak merupakan penyakit jangka panjang yang tidak disadari oleh banyak penderitanya. Kamu bisa langsung melihat salah satu gejala utama penderita katarak, yaitu mata yang berwarna abu-abu atau keruh.

Pada penderita katarak, salah satu gejala utamanya adalah penglihatan menjadi kabur. Beberapa gejala umum yang dialami oleh penderita katarak adalah sebagai berikut:

1. Penglihatan kabur

Gejala utama dari katarak adalah penglihatan kabur. Hal ini disebabkan oleh penumpukan protein pada lensa mata.

Penumpukan protein ini menciptakan lapisan keruh pada lensa mata, sehingga menyebabkan penglihatan kabur. Protein ini dapat terus menumpuk dan dapat menyebabkan gangguan penglihatan yang parah dan kebutaan.

2. Kesulitan melihat di malam hari

Mata membutuhkan cahaya untuk dipantulkan agar dapat melihat. Pada malam hari, kamu pasti akan menemukan beberapa tempat, seperti di luar ruangan, yang tidak diterangi lampu.

Mata katarak yang penglihatannya sudah keruh dan kabur akan sangat kesulitan melihat di malam hari karena kurangnya cahaya.

Penderita katarak akan kesulitan untuk menyetir atau membaca di malam hari karena adanya lapisan katarak yang sudah terbentuk pada lensa mata.

3. Kesulitan Membedakan Warna

Salah satu ciri-ciri katarak adalah sulitnya membedakan warna. Lapisan katarak pada lensa mata dapat mempengaruhi penglihatan warna. Awalnya, penderita katarak mungkin tidak menyadari perubahan warna ini.

Pada awalnya, penderita katarak akan melihat warna kecoklatan atau kekuningan. Seiring berjalannya waktu, penderita katarak akan semakin sulit membedakan warna biru dan ungu.

BACA JUGA:Inilah 2 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Dicontohkan oleh Rasulullah SAW, Yuk Terapkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: