Belajar dari Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi: Mengamalkan Sunah dan Bersedekah

Belajar dari Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi: Mengamalkan Sunah dan Bersedekah

Belajar Menjadi Manusia yang lebih Baik melalui Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi: Mengamalkan Sunah dan Bersedekah -jcomp - Freepik-

RADARPEKALONGAN – Selama sejarah Islam semenjak zaman Nabi, kisah sahabat Nabi yang menginspirasi banyak digunakan sebagai sumber kebijaksanaan dan teladan bagi jutaan umat. 

Ada kisah sahabat nabi yang mengaspirasi dengan isi cerita yang menyentuh, menyedihkan, bahkan menggembirakan. 

Cerita ini tidak hanya berasal dari sahabat utama Rasulullah seperti Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib, melainkan juga dari sahabat-sahabat lainnya. 

Dari tiap cerita ini kita bisa memetik pembelajaran dan menjadikannya sebagai motivasi yang akan, InsyaAllah, memperbaiki cara kita hidup. 

Untuk itu, mari belajar bersama mengenai nilai-nilai kehidupan yang mulai dari cerita-cerita berikut: 

BACA JUGA: Jejak Perjuangan dan Kecerdasan Menantu Rasulullah SAW: Kisah Ali bin Abi Thalib, Si Gerbang Pengetahuan

Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi 

1. Kisah Abdullah bin Umar 

Abdullah bin Umar merupakan salah satu sahabat Nabi yang memiliki kisah inspiratif namun dengan cerita yang sedikit menggetarkan. Pasalnya, kisah ini bersangkutan dengan gambaran dari neraka dan bagaimana kita perlu menyikapinya. 

Suatu malam, Abdullah bin Umar berwudu sebelum tidur dan berdoa. Dia akan tidur dengan bertasbih menyebut asma Allah sembari memejamkan mata. 

Dalam mimpinya, dia bertemu dengan seorang malaikat yang membawanya pada sebuah sumur yang terbakar. 

Sumur tersebut menjadi gambaran dari neraka, dan di dalamnya banyak orang-orang yang Abdullah kenal tengah disiksa dengan sangat pedih. Ia lantas berdoa kepada Allah SWT dan berlindung kepada-Nya. 

Malaikat itu kemudian berkata bahwa Abdullah belu juga terjaga dari api neraka. 

Saat pagi tiba, Abdullah kalang kabut menangis dan segera menuju kediaman Hafshah bin Umar, yang merupakan kakak perempuannya sekaligus istri dari Nabi Muhammad SAW. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: