Kisah Sahabat Nabi yang Jarang Diketahui: Ukasyah dan Cambuknya untuk Rasulullah SAW

Kisah Sahabat Nabi yang Jarang Diketahui: Ukasyah dan Cambuknya untuk Rasulullah SAW

Kisah Sahabat Nabi yang Jarang Diketahui: Meninggal di Medan Perang Satu Hari setelah Hari Pernikahan -Sajimon Sahadevan / Unsplash-

Ia akan segera menemui Allah SWT, katanya. Dan Rasulullah SAW juga meyakinkan para sahabat untuk segera menyelesaikan urusan mereka degan manusia. Sebab Rasulullah SAW sendiri pun tidak mau datang ke hadapan Allah SWT dengan keadaan berhutang. 

Ditanyailah tentang hutang apa yang membuat Rasulullah SAW gelisah. Dan Ukasyah pun bercerita saat di medan perang Uhuhd, Rasulullah SAW secara tidak sengaja memukul dada Ukasyah menggunakan cemeti yang seharusnya digunakan untuk mengentak kuda. 

Abu Bakar yang ada di situ tidak menerima jika Rasulullah SAW akan dicambuk. Namun Bilal segera menuju kediaman Fatimah untuk mengambil cambuk, dan menyampaikan bahwa Ukasyah ingin mencambuk Rasulullah SAW. 

Tak disangka saat itu, Ukasyah justru memeluk Nabi Muhammad SAW ketimbang mencambuknya. Ukasyah ingin memperlihatkan betapa ia sangat mencintai Allah SWT serta Rasul-Nya dan akan tetap seperti itu hingga akhir hayatnya. 

BACA JUGA: Belajar dari Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi: Mengamalkan Sunah dan Bersedekah

BACA JUGA: Kisah Uwais Al Qarni, Sang Penghuni Langit yang Berbakti Kepada Ibunya

4. Kisah Hanzalah 

Kisah terakhir yang datang dari sahabat Nabi yang kurang diketahui adalah kisah Hanzalah. 

Dia adalah pemuda yang tak gentar, berani, dan begitu kuat berjuang demi Islam. Dan kisah ini terjadi di saat hari pernikahannya, satu hari sebelum terjadinya perang besar. 

Cintanya yang begitu besar terhadap Allah SWT bahkan membuatnya rela meninggalkan seorang istri yang belum 3 bulan ia nikahi. Dan sang istri pun merelakan kepergian Hanzalah. Sang istri percaya bahwa kecintaan suaminya terhadap Islam serta imannya kepada Allah SWT akan membawa sang suami kembali padanya. 

Namun Hanzalah tewas dalam pertempuran. Dia mati dalam keadaan syahid karena berperang dalam jalan Allah SWT. 

Dia juga dalam keadaan junub karena pernikahannya baru saja berlangsung satu hari sebelum peperangan itu terjadi. 

Jenazahnya yang terkena tebasan pedang musuh bercahaya, dan Rasulullah SAW berkata bahwa Hanzalah telah disucikan oleh malaikat. 

 BACA JUGA: Teman Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah: Kisah Abu Bakar Ash Shiddiq yang Menginspirasi

Jadi, itulah beberapa kisah sahabat Nabi yang jarang diketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: