Kisah Teladan Sahabat Nabi: Zubair bin Awwam, Panglima Perang sekaligus Pengawal Pribadi Rasulullah

Kisah Teladan Sahabat Nabi: Zubair bin Awwam, Panglima Perang sekaligus Pengawal Pribadi Rasulullah

Kisah Teladan Sahabat Nabi: Zubair bin Awwam -Hatice Güven Yeşilyurt / Unsplash-

RADARPEKALONGAN – Kisah teladan sahabat Nabi yang akan kita kupas dalam artikel kali ini adalah Kisah dari Zubir bin Awwam, seorang pendekar pertama yang menghunuskan pedangnya di jalan Allah SWT. 

Selama hidupnya, Zubair yang merupakan anak dari bibi Nabi Muhammad SAW sudah dekat dengan Rasulullah dan beriman dengan sepenuh hati kepada Allah SWT. 

Zubair juga merupakan salah satu sahabat yang dijanjikan masuk surga. 

Selengkapnya dalam, artikel ini, kita akan melihat kisah teladan dari Zubair bin Awwam yang menjadi sahabat sekaligus panglima perang yang menemani Nabi Muhammad melewati banyak peperangan. 

BACA JUGA: Deretan Nama Sahabat Nabi yang Jarang Diketahui: Para Wanita Kuat di Masanya, Kamu Pasti Kagum dengan Kisahnya

BACA JUGA: Kisah Sahabat Nabi yang Jarang Diketahui: Ukasyah dan Cambuknya untuk Rasulullah SAW

Kisah Awal Zubair bin Awwam 

Zubair bin Awwam lahir pada tahun 594 Masehi dengan nama asli Abu Abdullah Zubair bin al-Awwam bin Khuwaylid bin Asad bin Abdul Uzza bin Qusay. 

Hubungan dekat Zubair dengan Rasulullah tidak hanya sebatas pada sahabat, melainkan juga ipar. Ini karena Asma, istri Zubair, merupakan saudara kandung dari Aisyah. Yang mana saudari ini merupakan anak dari Abu Bakar Ash Shiddiq. 

Kecintaannya kepada Allah SWT serta Rasul-Nya sudah terlihat sejak ia kecil. Tepatnya pada ia berusia 15 tahun. Di usia yang masih kecil, Zubair sudah bersyahadat dan bersumpah untuk tidak kembali ke jalan yang sesat. 

Beliau juga termasuk dalam jajaran orang-orang pertama yang masuk Islam dan dijanjikan untuk masuk surga. 

Kecintaannya terhadap Islam itu membuat dia rela untuk memberikan hartanya secara cuma-cuma dari hasil berbisnis demi kemajuan Islam. 

BACA JUGA: Pernah Hampir Menjadi Khalifah Pertama bersama Abu Bakar, Begini Kisah Sahabat Nabi yang Mengagumkan

Menerima Siksaan Karena Memeluk Islam 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: