Mahasiswa UIN Gus Dur Berkolaborasi dengan Mahasiswa UGM dan Leiden University Selenggarakan Kuliah Lapangan

Mahasiswa UIN Gus Dur Berkolaborasi dengan Mahasiswa UGM dan Leiden University Selenggarakan Kuliah Lapangan

Mahasiswa UIN Gus Dur Pekalongan berkolaborasi dengan mahasiswa UGM dan Leiden University selenggarakan Kuliah Lapangan di Kec. Wonokerto, Kab. Pekalongan.-Dok. UIN Gus Dur-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN Mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) berkolaborasi dengan Mahasiswa program studi Antropologi UGM dan Leiden University selenggarakan Kuliah Lapangan di Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan pada Jumat hingga Minggu, 17–19 November 2023.

Kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan ini berbentuk riset bersama yang terbagi dalam 5 titik desa di antaranya Desa Wonokerto Kulon, Wonokerto Wetan, Api-Api, Tratebang, dan Pecakaran. 

Sebanyak 40 mahasiswa dari tiga kampus secara kolektif dibagi dalam 8 tim yang melakukan penelitian tentang kegiatan perikanan tangkap, budidaya ikan, dan pengolahan ikan (pengawetan, pengemasan, dan metode).

Juga tentang wisata laut, wisata pantai, perdagangan ikan, kerentanan masyarakat pesisir dan membaca masa depan masyarakat pesisir (maritime on future making). 

Farid, salah satu mahasiswa FEBI UIN Gus Dur yang menjadi peserta kegiatan ini mengungkapkan perasaan senangnya mengikuti kegiatan ini. 

"Kegiatan ini menyenangkan. Kita bisa saling bekerja sama dalam melakukan penelitian," katanya.

BACA JUGA:Blusukan ke Kalipucang Wetan, Mahasiswa UIN Abdurahman Wahid Pekalongan Belajar Seluk Beluk Batik Rifa'iyah

BACA JUGA:Tingkatkan Keterampilan Menulis, UKM KTI UIN Gus Dur Adakan Pelatihan Menulis Artikel Jurnal

Senada dengan Farid, Tiara dan Rosa juga menyebut ungkapan rasa senangnya bisa menjadi peserta dalam kegiatan ini.

"Pengalaman ini kali pertama kita rasakan. Kita bisa saling bertukar informasi, pengalaman, dan juga bacaan yang bermanfaat," ujar mereka.

Sementara Najmul Afad selaku Koordinator Lapangan menyebut bahwa kegiatan ini bagian dari kolaborasi antarkampus. 

Mahasiswa didampingi oleh Prof. Pujo Semedi; Agung Wicaksono, Ph.D; Ida Syarifa, MA; Nur Qomariyah Imzastini, MA; dan M. Najmul Afad, MA. 

"Harapannya teman-teman mahasiswa bisa saling support dan membangun iklim akademik yang produktif. Riset adalah skill yang harus selalu diasah," tutup Kepala Pusat Penelitian ini.

BACA JUGA:Bantu Warga Petungkon Pasca Wabah Cengkeh, Mahasiswa KKN 57 UIN Gus Dur Rintis Produk Serbuk JAKA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: