6 Cara Mudah Mengusir Semut di Beras, Cukup Gunakan Daun Jeruk dan Cengkeh

6 Cara Mudah Mengusir Semut di Beras, Cukup Gunakan Daun Jeruk dan Cengkeh

Salah satu cara mudah mengusir semut dari tumpukkan beras dengan meletakkan daun jeruk di tumpukan beras tersebut. Semut akan pergi secara perlahan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN - Bagaimana cara mudah mengusir semut di beras? Ikutilah petunjuknya dalam artikel berikut ini. Sangat mudah dan hanya menggunakan bahan-bahan yang bisa dijumpai di dapur seperti cengkeh dan daun jeruk.

Kita acapkali dibuat repot dengan banyaknya semut di tumpukan beras. Ya, semut bisa menyerang beras yang berada di dalam karung atau bungkusan plastik beras. Sebab beras mengandung kalori dan gula yang disukai oleh semut.

Pernah ndak kalian ngalami tumpukan karung beras di gudang penyimpanan toko atau di rumah diserang koloni semut. Tentu ini menambah pekerjaan bukan? Harus bisa menyingkirkan koloni semut dari tumpukan beras. 

Bisa dibayangkan jika cara manual dengan menyingkirkan semut satu persatu dari tumpukan beras, akan sangat melelahkan. Apalagi jika tumpukan beras diserang oleh koloni semut yang jumlahnya banyak.

Baca juga:Jangan asal Masukkan Kulkas, Yuk Ikuti Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Menurut Pakar IPB

Untuk itu harus tahu cara mudah mengusir semut di beras berikut ini. Yuk simak dan praktikkan.

1. Jemur beras di sinar matahari

Cara mudah mengusir semut di beras yang pertama ialah dengan menjemurnya di bawah terik sinar matahari. Cukup siapkan alas yang bersih untuk menjemur beras. Dengan menjemurnya di terik matahari maka semut akan menghilang dari tumpukan beras lantaran kepanasan.

2. Letakkan beras di atas kompor

Jika cuaca mendung atau hujan, usir semut dari tumpukan beras dapat dilakukan dengan meletakkan beras di atas kompor. Kalau di luar sedang mendung atau masih terlalu pagi, maka kita bisa meletakkan beras di atas kompor.

Caranya mudah, cukup letakkan beras di dalam panci. Nyalakan kompor dan letakkan panci di atasnya. Semut akan pergi lantaran tak suka panas. Namun ada pula kelemahan dari cara ini, semut bisa mati di dalam panci. Sehingga harus mencucinya dengan bersih sebelum beras dimasak.

3. Menggunakan daun jeruk

Cara mudah mengusir semut di beras ialah menggunakan daun jeruk. Aromanya yang kuat dan menyengat tidak disukai semut. 

Sobek daun jeruk ini jadi potongan kecil agar aromanya keluar. Setelah itu, letakkan sobekan daun jeruk tadi secara acak pada tumpukan beras yang ada semutnya. Lihat hasilnya! Semut akan meninggalkan tumpukan beras secara perlahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: