Bosan Itu-itu Saja, Ini Dia Menu Makan Sahur untuk Penderita Kolesterol Tinggi yang Wajib Dicoba

Bosan Itu-itu Saja, Ini Dia Menu Makan Sahur untuk Penderita Kolesterol Tinggi yang Wajib Dicoba

Menu makan sahur untuk penderita kolesterol tinggi --freepik.com/freepik

2. Tempe Bakar

Menu sahur untuk penderita kolesterol tinggi selanjutnya adalah tempe bakar. Tak hanya mudah dibuat dan relatif murah, olahan tempe yang satu ini juga lezat dan aman untuk kolesterol.

Hal ini berkat kandungan protein dalam tempe yang dapat menurunkan kadar LDL dan kolesterol total serta meningkatkan kadar HDL dalam darah.

Kamu hanya perlu membumbui tempe dengan bawang merah yang sudah dihaluskan, bawang putih, kemiri, dan ketumbar, lalu lumuri dengan kecap manis secukupnya.

Kemudian, panggang tempe dalam wajan antilengket. Tidak perlu menambahkan minyak.

BACA JUGA:Bisa Menurunkan Berat Badan dan Kolesterol,Menu Makanan Sehat dan Bergizi untuk Tetap Bugar dan Bebas Penyakit

3. Tahu bacem

Menu makan sahur untuk penderita kolesterol tinggi yang lainnya adalah tahu bacem. Sama halnya dengan tempe, tahu juga terbuat dari kacang kedelai sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. 

Untuk menu makan sahur bagi penderita kolesterol tinggi, kamu bisa mengolah tahu menjadi tahu bacem yang memiliki cita rasa gurih, asin, dan manis.

Namun, usahakan untuk mengkonsumsi tahu bacem tanpa digoreng. Karena proses penggorengan akan menambah lemak trans pada tahu yang justru meningkatkan kadar LDL darah.

4. Sayur bening bayam

Kamu bisa mengolah bayam menjadi sayur bening. Tak hanya membuat mata tetap terbuka, menu sahur yang satu ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol darah.

Bayam mengandung serat yang dapat mengikat asam empedu, sehingga membuat tubuh lebih banyak memproses kolesterol.

Hasilnya, kadar kolesterol akan menurun. Selain itu, bayam juga mengandung lutein yang dapat menurunkan kadar LDL darah dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.

BACA JUGA:Penderita Kolesterol Wajib Coba, Ini Dia Sayuran Penurun Kolesterol yang Perlu Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: