8 Obat Stres Dalam Islam, Mudah dan Tak Perlu Biaya Mahal

8 Obat Stres Dalam Islam, Mudah dan Tak Perlu Biaya Mahal

Salah satu obat stres dalam Islam ialah dengan menjaga shalat.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Siapapun bisa mengalami stres, cemas, dan depresi. Sebagai seorang muslim, agama Islam telah memberi petunjuk cara mengatasi atau mengobati stres.

Stres, cemas dan depresi bisa disebabkan oleh banyak faktor. Bisa akibat persoalan keluarga, asmara, pekerjaan, hingga himpitan perekonomian. 

Setiap orang tentu tak ingin mengalami stres, cemas dan depresi. Banyak cara ditempuh untuk mengobatinya. Baik itu healing, mengonsumsi obat dari resep dokter, dan upaya lainnya.

Tak sedikit pula orang berusaha mengatasi stres dengan jalan yang salah. Mereka dugem dan cara-cara lain yang bertentangan dengan norma agama untuk mencari kesenangan dengan dalih menghilangkan stres dan kepenatan beban hidup.

Baca juga:Bacaan Dzikir Pagi Dan Petang Sesuai Sunah Nabi

Sebagai seorang muslim, Islam telah memberikan obat untuk mengatasi stres, cemas dan depresi. Berikut adalah obat untuk mengatasi stres sesuai ajaran Islam yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Mengenal dan mendekat pada Allah Ta'ala

Di kala stres mendera, ingatlah bahwa kita tidak hidup sendirian di dunia ini. Allah Ta'ala begitu dekat dengan hamba-Nya dan akan mengabulkan doa-doa yang kita panjatkan. 

Saat stres, mendekatlah kepada Allah Ta'ala. Berdoalah meminta agar himpitan yang ada teratasi. Jangan menyibukkan diri dengan perasaan stres yang ada. Yakinlah apa yang menimpa kita, rencana Allah Ta'ala adalah yang terbaik.

2. Shalat

Shalat merupakan media kita berkomunikasi kepada Allah Ta'ala. Jagalah shalat wajib dan kerjakan shalat sunnah untuk menjaga ketentraman hati hingga mampu mengatasi segala permasalahan emosional yang kita rasakan.

Shalat merupakan obat untuk berbagai penyakit sekaligus penolong. Firman Allah dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 153: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Sungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” 

Baca lagi:Dzikir dan Doa Usai Shalat Fardhu Sesuai Sunah

3. Berdoa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: