11 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan, Meredakan Nyeri Sendi hingga Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

11 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan, Meredakan Nyeri Sendi hingga Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

Jahe kaya manfaat untuk kesehatan.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Jahe sudah terkenal sebagai rempah untuk bumbu masak. Namun, manfaat Jahe untuk kesehatan juga banyak. Diantaranya bisa meredakan nyeri sendi dan otot hingga menurunkan kolesterol dan obat asam urat.

Selain untuk bumbu masak, masyarakat Indonesia sudah sering memanfaatkan jahe untuk minuman penghangat badan. Terutama pada saat cuaca dingin dan hujan. 

Pasalnya, jahe diyakini mampu mencegah masuk angin dan mengobati flu. Bukan hanya itu, masih banyak manfaat jahe untuk kesehatan lainnya, seperti memperkuat sistem imun tubuh, meredakan nyeri haid, menurunkan berat badan dan masih banyak lagi.

Minuman jahe dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh apabila diminum secara rutin. Meski manfaat jahe banyak, tetap jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, Minuman jahe memiliki efek samping dapat menyebabkan kembung hingga mulas. 

Baca juga:Cara Atasi Tulang Keropos dengan Resep Ramuan Herbal dr Zaidul Akbar, Cukup Gunakan Jahe dan Gula Aren

Pastikan kamu mengonsumsi jahe tidak lebih dari lima gram jahe per hari. Kamu bisa membuat minuman jahe yang sehat sendiri di rumah. Caranya sangat mudah lho.

Salah satu cara meracik minuman jahe yang sederhana, yakni cuci jahe yang akan digunakan, bisa jahe biasa atau jahe merah. Parut jahe yang sudah dicuci sebanyak satu sendok makan. Lalu rebus empat gelas air sampai mendidih.

Masukkan parutan jahe tadi ke dalam air mendidih. Jangan rebus terlalu lama, cukup diamkan selama lima hingga sepuluh menit. Kemudian saring air jahe. Agar rasanya lebih enak dan khasiat lebih mantap, bisa tambahkan madu, lemon atau jeruk nipis.

Manfaat jahe untuk kesehatan tak sekadar penghangat tubuh. Berikut ini manfaat jahe untuk kesehatan yang disadur dari beberapa sumber:

Baca lagi:Bukan Sulap! Inilah Kekuatan Jus Lemon dan Jahe yang Ampuh Usir Lemak Perut, Dijamin Perut Buncit Hilang

1. Memperkuat sistem imun

Jahe mengandung vitamin C dan magnesium. Dua zat inilah yang membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun. Jahe juga memiliki kandungan shogaols, gingerols dan zingerones. Ketiga zat ini berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

2. Menangkal infeksi bakteri dan virus

Infeksi bakteri dalam tubuh dipercaya bisa dihambat berkat kandungan gingerol dalam jahe. Seperti shigella, E.coli, dan lain-lain. Bahkan, flu dan pilek pun bisa diatasi dengan minum jahe secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: