450 Murid SMK Ikuti Jambore Safety Riding #Cari_Aman Astra Motor Jateng

450 Murid SMK Ikuti Jambore Safety Riding #Cari_Aman Astra Motor Jateng

Pemenang Juara Jambore Safety Riding #Cari_aman Astra Motor Jawa Tengah-FOTO-Dok. Astra Honda Motor Jateng

RADARPEKALONGA.DISWAY.IDJambore Safety Riding adalah ajang berkumpulnya siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan yang tergabung dalam organisasi Forum Keselamatan Sekolah dalam mengikuti Lomba Budaya Keselamatan Industri Honda. Event Jambore ini rutin dilaksanakan dan tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke 4 (Empat). Selain itu Jambore ditujukan sebagai wadah pembinaan dan evaluasi program Sekolah Safety Riding Mandiri Honda Jawa Tengah.

Jambore yang dilaksanakan pada tanggal 22 - 24 November 2023 di Wisata Curug Sewu Patean Sukorejo Kabupaten Kendal ini sesuai dengan konsep jambore yang meggabungkan budaya sekolah yakni kegiatan berkemah dengan Budaya Industri yakni keselamatan berkendara serta bermanfaat untuk lingkungan sekitar yakni memajukan dan mengenalkan wisata daerah kabupaten kendal yakni air terjun curug sewu dan menghidupkan perputaran ekonomi warga sekitar.

Kegiatan ini sangat dinanti oleh siswa siswi, terbukti sebanyak 450 siswa siswi dan guru dari 60 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di bawah binaan Astra Motor Jateng tercatat mendaftar dan mengikuti. 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi mereka tertarik untuk mengikuti kegiatan ini pasalnya perpaduan dua konsep pembelajaran sekolah dengan budaya industri keselamatan Honda dikemas dengan keren, asik, dan menarik selama jalannya kegiatan Jambore. Turut support kegiatan, dealer Cendana Sukorejo hadirkan booth motor Honda dan area riding test special selama acara berlangsung.

BACA JUGA:Begini Tips Bikers #Cari_Aman Saat Berpapasan dengan Pejalan Kaki

“Jambore ini kami padukan antara kegiatan pramuka yakni kemah berisi kompetisi pengetahuan dan ketrampilan siswa dalam bidang K3 (Kesehatan, Keselamatan Kerja) Industri, macam-macam lomba yang kami berikan yakni, Lomba Pengetahuan Keselamatan Jalan, Publik Speaking Lalu Lintas, Etika Berkendara, Prediksi Bahaya serta membaca pola bahaya di jalan raya,” jelas Suko Edi Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng, dalam katerangan yang dibagikan (25/11/2023).

Kontribusi pendanaan tidak hanya dari Astra Motor Jawa Tengah saja tetapi dari peserta sehingga merasa terdorong dan lebih bersemangat menyelesaikan dan memenangkan lomba dalam Jambore ini yang turut mengangkat nama sekolah dan menambah prestasi sekolah di ajang kompetisi Budaya Industri antar SMK jateng ini.

“Senang banget, apalagi ada lomba safety riding explore yang mewajibkan kami berjalan menyusuri sungai, turun naik bukit dimana ada pos – pos tempat pemberhentian untuk mengerjakan soal - soal yang dilombakan bersama sama dengan siswa - siswi sekolah lainnya, Seru! Pingin ikut lagi tahun depan,” ucap Diana salah satu peserta dari SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo.

 

Berikut pemenang Juara Jambore Safety Riding #Cari_aman Astra Motor Jawa Tengah ke 4 yaitu : 

Juara 1 (Pertama) : SMKN 1 Bancak, Kab. Semarang

Juara 2 (Kedua) : SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana, Kab Pati 

Juara 3 (Ketiga) : SMK Muhammadiyah Bligo, Kab Pekalongan

Juara Harapan 1 : SMKN 1 Bulakamba, Kab Brebes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: