Bukan Hanya Makanan, Inilah 5 Obat yang Dapat Memicu Kolesterol yang Kamu Perlu Waspadai

Bukan Hanya Makanan, Inilah 5 Obat yang Dapat Memicu Kolesterol yang Kamu Perlu Waspadai

obat yang dapat memicu kolesterol--freepik.com/freepik

Obat yang dapat memicu kolesterol selanjutnya adalah amiodarone. Amiodarone adalah obat yang digunakan untuk mengobati aritmia jantung.

Penting untuk diketahui bahwa aritmia jantung adalah kondisi detak jantung yang tidak teratur yang disebabkan oleh sinyal listrik pada otot jantung yang tidak berfungsi dengan baik.

Kondisi ini diketahui dapat menyebabkan jantung berdetak terlalu cepat (takikardia), terlalu lambat (bradikardia), atau detak jantung yang tidak menentu.

Sekarang, amiodaron dikaitkan dengan berbagai efek samping. Salah satunya adalah meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat, meskipun umumnya tidak mempengaruhi kadar HDL (kolesterol baik). 

3. Prednison

Obat yang dapat memicu kolesterol berikutnya adalah prednison. Prednison adalah jenis obat yang digunakan untuk mengurangi peradangan, dan dianggap sebagai obat kortikosteroid. Prednison umumnya digunakan untuk mengobati sejumlah kondisi peradangan.

Contohnya termasuk radang sendi tertentu, lupus, multiple sclerosis, penyakit radang usus, dan reaksi alergi yang parah. 

BACA JUGA:Terbukti Manjur, 5 Rebusan Daun Penurun Kolesterol Paling Cepat untuk Tubuh

4. Siklosporin

Siklosporin adalah obat yang termasuk dalam kelas imunosupresan. Artinya, obat ini bekerja dengan cara mengurangi respon sistem kekebalan tubuh, yang berfungsi untuk melawan infeksi, penyakit, dan hal-hal lain yang dianggap tidak normal oleh tubuh. 

Obat ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit autoimun, yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan tubuh.

Siklosporin memiliki banyak efek samping dari penggunaannya. Salah satunya adalah meningkatkan kadar LDL.

Namun, manfaatnya dalam mengobati penyakit autoimun diketahui lebih besar daripada risikonya dalam meningkatkan kadar kolesterol jahat. 

5. Steroid anabolik 

Obat yang dapat memicu kolesterol yang terakhir adalah steroid anabolik. Obat ini adalah testosteron sintetis atau buatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: