Inilah Tips Menghafal Cepat Satu Halaman Al-Qur'an Per Hari Ala Ustaz Adi Hidayat

Inilah Tips Menghafal Cepat Satu Halaman Al-Qur'an Per Hari Ala Ustaz Adi Hidayat

Inilah Tips Menghafal Cepat Satu Halaman Al-Qur'an Per Hari Ala Ustaz Adi Hidayat -Tangkap layar -Wikipedia

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bagaimana tips menghafal cepat? Menghafal Alquran bukan masalah gampang. Banyak orang yang telah mencobanya, tetapi tidak kunjung dapat menghafalnya. Kalaupun sukses umumnya lebih mudah hilang lagi. Gimana rahasianya?

Ustaz Adi Hidayat Lc menyebutkan paling tidak terdapat 4 cara yang wajib dicoba untuk menghafal Alquran, yaitu mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wata’ala, perbaiki niat dan percaya dapat hafal atas izin Allah, serta disiplin dalam tata cara ataupun manhaj.

Seorang yang mau menghafal Alquran wajib tingkatkan ketakwaan pada Allah azza wa jalla. Tidak terdapat metode lain kecuali mendekati Allah subhanahu wa ta’ala yang memiliki Alquran. Alquran bukan makhluk, melainkan kalam Allah.

Kedua, niat yang ikhlas, ketiga, pastikan pada diri kita kalau kita mampu menghafalkannya dengan izin Allah. Keempat, mulai berikhtiar dengan menekuni tata cara ataupun manhaj menghafal Alquran.

Ustaz Adi Hidayat berpesan, orang tua mau anak-anaknya menghafalkan Alquran, jangan cita-citanya buat jadi hafiz. Karena hal tersebut bisa mengurangi keikhlasan.

"Maka apabila mau menghafalkan Alquran, hafalin saja, nanti terserah Allah akan dikasih berapa. Apalagi terdapat yang terbuat tidak hafal-hafal dalam waktu yang lama. Sang fulan misalnya, dalam satu jam hafal, namun yang lain, telah 10 hari belum hafal-hafal,” urai Ustaz Adi Hidayat.

Ia pula menegaskan kalau buat menghafal Alquran, maka wajib teratur salat tahajud. Menghafal Alquran bergandengan dengan salat tahajud. Ustaz Adi mengutip surat Al Muzzammil ayat 20.

BACA JUGA:Inilah Buah yang Bagus untuk Kulit Awet Muda Ala dr Zaidul Akbar, Wajah Jadi Glowing Cuma Pakai Bahan Alami 

BACA JUGA:Baca Wirid Pembuka Rezeki Ini 7 Kali, Terbuka Seluruh Pintu Rezeki di Langit serta di Bumi

"Sesungguhnya Tuhanmu mengenali bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari 2 pertiga malam, ataupun seperdua malam ataupun sepertiganya serta (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Surat Al Muzzammil ayat 20).

Kemudian untuk apa menghafal? Untuk memperkenalkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan. Dengan mengejar akhirat, kebutuhan manusia di dunia akan dicukupkan oleh Allah subhanahu wata’ala.

"Barangsiapa siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat maka Kami tambah keuntungan itu menurutnya serta barangsiapa yang menghendaki keuntungan di dunia maka Kami bagikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia serta tidak terdapat menurutnya sesuatu bahagianpun di akhirat.” (QS. Asy-Syura: 20)

Jika Allah berkehendak kita dijadikan hafal. Bila tidak, maka kita akan diberikan sebahagiannya yang cukup buat kita. Serta apabila Allah berkehendak menjadikan kita hafal Alquran, maka akan dijadikan manusia ke dalam 3 golongan.

Pertama, orang yang zalim terhadap dirinya sendiri. Itu yang memiliki salah niat diawalnya. Jangan dikira seluruh penghafal Alquran itu baik. Terdapat yang penipu itu ada pula yang pendusta, macam-macam. Hafal ayatnya tetapi korupsi juga. Disaat korupsi lagi tidak ingat ayatnya sehabis ditangkap baru ingat lagi,” urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: