Masih Makan dan Minum dengan Tangan Kiri, Mau Disamakan dengan Setan?

Masih Makan dan Minum dengan Tangan Kiri, Mau Disamakan dengan Setan?

Ilustrasi makan dengan tangan.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Islam melarang makan dan minum dengan tangan kiri. Karena hal itu sama dengan makannya setan.

Islam agama yang sempurna. Tata cara atau adab dalam makan dan minum pun diatur. Seperti berdoa sebelum dan sesudah makan hingga makan dan minum menggunakan tangan kanan.

Jangan anggap sepele sunnah Nabi ini. Ajari anak kita sejak dini untuk selalu menjalankan sunnah Nabi, termasuk dalam makan dan minum.

Jika makan dan minum dengan tangan kanan tidak diajarkan sejak dini, dikhawatirkan anak terbiasa makan dengan tangan kiri hingga dewasa. Sebab ia tak mengetahui jika hal itu dilarang dalam agama Islam.

Baca juga:Bisa Dicoba! 7 Rekomendasi Resep Makanan Sehat Sehari-hari, Dijamin Enak dan Mudah Dibuat

Berikut ini dalil-dalil tentang perintah makan dan minum dengan tangan kanan:

Dalam hadits yang muttafaqun alaih,

يَا غُلاَمُ سَمِّ اللَّهَ ، وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ

“Wahai anak, sebutlah nama Allah, dan makanlah dengan tangan kananmu, serta makanlah yang ada di hadapanmu.” (HR Bukhari)

Dalam Shahih Muslim disebutkan sebuah riwayat,

« إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِينِهِ وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِينِهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ ».

“Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya, karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula.” (HR Muslim)

Baca lagi:Yuk Catat! Ini 5 Resep Makanan Sehat yang Mudah Dibuat di rumah, Cocok Buat Kamu yang Lagi Memulai Hidup Sehat

Dalam kitab yang sama disebutkan riwayat lainnya,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: