Inilah 7 Penyebab Bau Mulut yang Sering Diabaikan, Kamu Wajib Tahu!

Inilah 7 Penyebab Bau Mulut yang Sering Diabaikan, Kamu Wajib Tahu!

Penyebab Bau Mulut --freepik.com/benzoix

Saat gusi meradang dan sering berdarah, mulut akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Hal ini disebabkan oleh penumpukan bakteri dan kuman yang berkembang biak, kemudian menyebabkan infeksi gusi dan mengeluarkan bau tidak sedap.

4. Diabetes

Penyebab bau mulut selanjutnya adalah diabetes. Kondisi ini menyebabkan ketoasidosis yang terus meningkatkan produksi metabolisme lemak, dan akan dikeluarkan melalui urin dan paru-paru. Sehingga memicu bau mulut tak sedap.

5. Penyakit Liver

Penyebab bau mulut selanjutnya adalah karena adanya riwayat penyakit liver atau hati. Hati merupakan organ vital yang berfungsi untuk mengolah racun dalam tubuh.

Ketika organ ini tidak berfungsi dengan baik, maka racun akan menyebar ke seluruh tubuh dan mengeluarkan gas, yang dikeluarkan dari mulut dan pernapasan, sehingga mulut dan napas menjadi bau.

6. Refluks Asam Lambung Kronis

Jika kamu mengalami refluks asam lambung, maka kondisi medis ini dapat menyebabkan bau mulut tak sedap. Karena asam lambung akan naik ke kerongkongan melalui tenggorokan, dan akan menyebabkan masalah mulut berbau tidak sedap.

7. Radang Tenggorokan

Penyebab bau mulut yang terakhir adalah karena radang tenggorokan. Ketika terjadi peradangan pada tenggorokan, mulut menjadi kering, batuk kering, dan saluran pernapasan terganggu. Radang tenggorokan terjadi karena adanya infeksi bakteri di dalam tubuh.

BACA JUGA:3 Cara Mengatasi Gigi Kuning dengan Bahan Alami, Bisa Rontokkan Karang dan Plak Secara Permanen Anti Bau Mulut

Cara Mengatasi Mulut Berbau Tak Sedap

Tidak perlu khawatir jika Anda memiliki mulut yang berbau tidak sedap. Karena mulut bau ini dapat diatasi dengan rutin menggosok gigi pada pagi dan malam hari, atau setelah mengkonsumsi makanan penyebab bau.

Kamu juga bisa rutin mengkonsumsi air putih minimal 2 liter sehari, atau setara dengan 8 gelas air putih, agar tubuh dan mulut tidak mengalami dehidrasi.

Jangan lupa untuk menghindari minuman yang mengandung gula dan kafein, karena dapat meningkatkan risiko bau mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: