Ketahui Penyebab Bau Mulut Setelah Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya yang Wajib Kamu Coba

Ketahui Penyebab Bau Mulut Setelah Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya yang Wajib Kamu Coba

Penyebab Bau Mulut Setelah Bangun Tidur --freepik.com/freepik

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut ini beberapa penyebab bau mulut setelah bangun tidur dan cara mengatasinya.

Bau mulut setelah bangun tidur di pagi hari sering dikaitkan dengan kurangnya kebersihan mulut dan gigi. Namun ternyata, bau mulut juga dipengaruhi oleh faktor lain.

Menurut Mazen Natour, D.M.D, seorang dokter gigi yang berbasis di Manhattan, sebagian besar bau mulut disebabkan oleh mulut yang kering.

"Bau mulut biasanya disebabkan oleh kurangnya produksi air liur saat tidur," jelas Natour.

Air liur berfungsi untuk membersihkan bakteri penyebab bau. Namun saat tidur, lingkungan mulut yang tergenang dapat memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang.

Jadi, semakin kering mulut, semakin tinggi peluang untuk mendapatkan napas pagi yang berbau tidak sedap.

"Selain itu, bernapas melalui mulut, mendengkur, dan penggunaan obat tertentu juga mampu membuat mulut menjadi kering, sehingga memperparah kondisi bau mulut." tambahnya.

BACA JUGA:3 Cara Mengatasi Gigi Kuning dengan Bahan Alami, Bisa Rontokkan Karang dan Plak Secara Permanen Anti Bau Mulut

BACA JUGA:3 Pasta Gigi Pemutih Terbaik Ampuh Hilangkan Karang Gigi dan Plak Kuning, Bebas Bau Mulut Seharian

Tanda adanya masalah kesehatan

Dalam kebanyakan kasus, bau mulut di pagi hari tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi beberapa situasi bau mulut yang tidak biasa mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang mendasarinya.

"Bau mulut yang tidak biasa biasanya ditandai dengan penyakit gusi yang berhubungan dengan penyakit jantung dan stroke. Namun di lain waktu, hal ini dapat mengindikasikan infeksi seperti abses atau masalah pencernaan seperti GERD," kata Natour.

Jika kamu mengalami kondisi bau mulut yang tidak biasa, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Bagaimana mencegah bau mulut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: