Karya Bakti, TNI Kodim Pekalongan bersama Polri, Pemkot, dan Warga Bersihkan Saluran Air Pasar Sorogenen

Karya Bakti, TNI Kodim Pekalongan bersama Polri, Pemkot, dan Warga Bersihkan Saluran Air Pasar Sorogenen

Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya memimpin langsung Karya Bakti pembersihan saluran air di Pasar Sorogenen Kota Pekalongan, Jumat (8/12/2023).-Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Prajurit TNI dari Kodim 0710/Pekalongan, TNI-AL, bersama anggota Polri dari Polres Pekalongan Kota, Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jateng, dan Pemkot Pekalongan melaksanakan karya bakti membersihkan saluran air di kawasan Pasar Darurat Sorogenen, Kota Pekalongan pada Jumat pagi, 8 Desember 2023.

Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir saat musim hujan. Sekaligus untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

Ada ratusan personel gabungan TNI-Polri bersama BPBD, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, relawan, aparat kecamatan dan kelurahan setempat, dan warga yang terlibat dalam kegiatan ini.

Karya bakti ini dipimpin langsung Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya, didampingi Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid dan Kapolres Pekalongan Kota AKBP A Recky Robertho.

Mereka bergotong royong membersihkan berbagai sampah yang memenuhi saluran air di sisi timur Pasar Sorogenen. 

BACA JUGA:Kodim Pekalongan Salurkan Bantuan Paket Sembako dari Ibu Pangdam IV ke Masyarakat Kurang Mampu

BACA JUGA:Warga Kalibaros Giatkan Kembali Kerja Bakti Bersihkan Lingkungan

BACA JUGA:Gelar Sholawat Kebangsaan, Dandim Pekalongan: Ekonomi, Agama, dan Keamanan Tak Dapat Dipisahkan

Pantauan di lokasi, saluran tersebut memang dipenuhi sampah, baik itu sampah plastik, sampah makanan, hingga kayu. Hal ini menyebabkan aliran air di saluran tersebut tersumbat.

Selain dibersihkan menggunakan tangan dan peralatan seadanya, bersih-bersih sampah ini juga mengerahkan satu unit alat berat ekskavator.

Dandim Pekalongan Letkol Infantri Rizky Aditya mengatakan kegiatan karya bakti ini melibatkan 500 personel dan masyarakat sekitar.

Selain bersih-bersih saluran air di Pasar Sorogenen, ada pula kegiatan karya bakti di lokasi lain di antaranya bersih-bersih eceng gondok di Sungai Bremi, penanaman pohon, serta fogging.

"Selain di sini untuk pembersihan saluran air, personel kami bagi juga untuk membersihkan eceng gondok di aliran Sungai Bremi, kegiatan penanaman pohon, dan antisipasi penyakit menular. Ada pula nanti fogging," kata Dandim Rizky.

Harapannya, melalui kegiatan ini dapat mengantisipasi dan mencegah terjadinya banjir saat musim penghujan serta mencegah penyebaran penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: