CCTV Kantor Camat Banyuputih Ternyata Rusak Sudah Lama, Polisi Usut Penyebab Kebakaran

CCTV Kantor Camat Banyuputih Ternyata Rusak Sudah Lama, Polisi Usut Penyebab Kebakaran

Petugas dari Satreskrim Polres Batang memeriksa bagian luar ruang kerja Camat Banyuputih. Di kantor tersebut, ternyata CCTV sudah rusak sejak lama.-Dony Widyo-

BATANG - Kamera CCTV yang terpasang di Kantor Camat Tulis, Kabupaten Batang, ternyata sudah tidak berfungsi sejak satu tahun lalu. Akibatnya, kejadian kebakaran ruang camat yang terjadi pada Senin 11 Desember 2023 dini hari, tidak diketahui penyebabnya.

Rusaknya CCTV tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Banyuputih, Lukmawan Setiaji ketika di temui, Senin 11 Desember 2023 di Kantor Camat Banyuputih. "Untuk CCTV sudah rusak, jadi sudah tidak berfungsi lagi," ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kasat Reskrim Polres Batang AKP Imam Muhtadi. Menurutnya saat ini kepolisian tengah melakukan penyelidikan terkait kebakaran yang terjadi di ruang kerja Camat Banyuputih.

"Kita saat ini tengah melakukan penyelidikan terkait kebakaran yang terjadi di ruang kerja Camat Banyuputih, dan untuk CCTV memang sudah tidak berfungsi sejak lama," kata AKP Imam Muhtadi ditemui di Mapolres Batang, Senin 11 Desember 2023.

BACA JUGA:Kantor Camat Banyuputih Dibakar Orang Tidak Dikenal

BACA JUGA:Soal SMK Negeri di Tulis, Pemkab Batang Masih Menunggu Persetujuan Gubernur Jateng

Kasat Reskrim menjelaskan, kebakaran sendiri hanya terjadi di ruang kerja, bulan Kantor Camat Banyuputih secara keseluruhan. Tim INAFIS dari Polres Batang sudah melakukan pemeriksaan terhadap lokasi kebakaran.

"Fokus kita saat ini adalah mencari penyebab kebakaran terlebih dahulu, sehingga kita akan mendatangkan tim Labfor dari Polda Jawa Tengah guna melakukan penyelidikan. Dari hasil penyelidikan penyebab kebakaran tersebut nantinya akan dijadikan dasar melalukan penyelidikan lebih lanjut," jelas Kasat Reskrim.

Berdasarkan hasil penyelidikan awal, petugas juga mengungkapkan bahwa tidak ada penjaga malam yang khusus berjaga di kantor Camat Banyuputih. Sehingga saat kebakaran terjadi, saksi pertama yang mengetahui adalan pedagang angkringan yang berjualan di seberang jalan kantor tersebut.

"Padagang itu sendiri jualanya di depan kantor Camat Banyuputih, namun cukup jauh, karena di seberang jalan. Saat peristiwa itu terjadi, dialah yang pertama melihat adanya api dari arah kantor Camat Banyuputih," tandas AKP Imam Muhtadi.

Sebelumnya diberitakan, Kantor Camat Banyuputih yang berada di Desa Sembung, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, dirusak dan dibakar oleh orang tidak dikenal pada Senin 11 Desember 2023 dini hari.

Pada peristiwa tersebut, sebanyak 11 ruangan di rusak dan diacak-acak isinya. Sedangkan ruang Camat Banyuputih dibakar hingga menghanguskan seluruh barang yang ada di dalam ruangan, termasuk surat-surat penting 

Menurut penuturan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Banyuputih, Lukmawan Setiaji, peristiwa pengrusakan dan pembakaran kantor camat terjadi sekitara pukul 01.00 Wib.

"Peristiwa itu sendiri pertama kali diketahui oleh pedagang angkringan yang berjualan di depan kantor kecamatan yang melihat adanya api membumbung tinggi dari kantor kecamatan," ungkap Lukmawan ketika ditemui di kantor Kecamatan Banyuputih, Senin 11 Desember 2023. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: