10 Obat Diare Alami yang Ampuh, Bahan yang Efektif dan Mudah Ditemukan

10 Obat Diare Alami yang Ampuh, Bahan yang Efektif dan Mudah Ditemukan

Obat Diare Alami yang Ampuh--freepik.com/lifestylememory

Menurut sebuah penelitian, alkohol, susu, soda, minuman berkarbonasi atau minuman berkafein sebaiknya tidak digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Hal ini justru akan memperburuk gejala dan kondisimu.

2. Buah Pisang

Saat diare sangat dianjurkan untuk memperhatikan pola makan. Mengonsumsi makanan tertentu dapat membantu meringankan gejala diare, misalnya buah pisang.

Pisang dapat menjadi obat diare alami karena pisang kaya akan kalium yang dapat membantu mengganti elektrolit dari dalam tubuh akibat diare.

Selain itu, pisang mengandung pektin dan serat yang rendah yang dapat menyerap cairan di dalam usus sehingga feses yang dikeluarkan akan lebih padat dan tidak encer. 

BACA JUGA:11 Obat Diare Terbaik yang Ampuh dan Manjur, Tersedia di Apotek

3. Gandum

Obat alami untuk diare selanjutnya adalah makanan dari gandum seperti roti dan pasta. Produk gandum memiliki serat yang rendah, sehingga dapat dengan mudah dicerna di dalam usus dan memadatkan feses.

Pastikan kamu tidak menambahkan mentega, madu, selai pada roti atau krim susu dan saus pedas pada pastamu.

4. Yogurt

Probiotik adalah bakteri hidup yang ada di makanan tertentu dan bekerja di saluran usus untuk menciptakan usus yang sehat.

Bakteri baik ini memainkan peran penting dalam melindungi usus dari infeksi dan diperlukan untuk sistem pencernaan yang normal.

Yoghurt adalah salah satu olahan yang mengandung probiotik dan dapat membantu mengatasi diare dengan mengembalikan keseimbangan bakteri dalam usus.

Contoh bakteri baik yang terdapat dalam yoghurt adalah Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.

5. Jahe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: