10 Obat Diare Alami yang Ampuh, Bahan yang Efektif dan Mudah Ditemukan

10 Obat Diare Alami yang Ampuh, Bahan yang Efektif dan Mudah Ditemukan

Obat Diare Alami yang Ampuh--freepik.com/lifestylememory

Sejak zaman dahulu, jahe dipercaya sebagai obat herbal atau obat alami untuk berbagai macam penyakit, salah satunya diare. Jahe digunakan sebagai ramuan tradisional yang menghangatkan perut karena efek pedasnya.

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi, analgesik atau anti nyeri dan anti bakteri yang membantu mengobati masalah sistem pencernaan. Anda cukup merebus irisan jahe dan meminumnya selagi hangat.

6. Beras

Makanan rendah serat diketahui dapat mengobati diare. Nasi termasuk makanan dengan kandungan serat yang rendah, sehingga sangat cocok sebagai obat diare alami.

Namun, perlu diketahui bahwa pengobatan ini tidak disarankan untuk dilanjutkan setelah diare berhenti. Setelahnya, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi nutrisi seperti daging, sayuran, dan buah-buahan.

BACA JUGA:Rekomendasi 8 Obat Diare Anak Usia 1 sampai 5 Tahun, Ampuh Hilangkan Diare secara Menyeluruh

7. Cokelat Hitam

Siapa di antara kamu yang merupakan penggemar cokelat? Ternyata selain dipercaya dapat membantu meningkatkan mood, cokelat hitam juga dapat mengatasi masalah diare.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan flavonoid yang terdapat pada biji kakao dapat membantu mencegah penyerapan cairan berlebih pada usus halus, yang berhubungan dengan masalah sistem pencernaan seperti diare.

8. Chamomile

Kamomil dapat digunakan sebagai obat diare alami yang dapat meredakan peradangan dan memperbaiki kerusakan pada usus. Kamu dapat mengonsumsinya sebagai teh chamomile.

Teh kamomil memiliki sifat antidiare dan antiinflamasi yang berguna untuk menjaga kesehatan usus. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan khasiat teh chamomile sebagai obat diare alami. 

9. Kimchi

Kimchi atau makanan fermentasi populer ini mengandung probiotik yang baik untuk sistem pencernaan.

Maka tak heran jika kimchi masuk dalam daftar obat diare alami. Meski begitu, kamu tetap harus memperhatikan porsinya. Menurut peneliti Colorado State University, kamu bisa mengonsumsi 100 gram kimchi per hari dan ditambah dengan serat dari makanan lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: