Wakil Rakyat Mengajar di SMAN 1 Kedungwuni, Memilih Pemimpin itu Penting dan Menjadi Pemimpin Juga Penting

Wakil Rakyat Mengajar di SMAN 1 Kedungwuni, Memilih Pemimpin itu Penting dan Menjadi Pemimpin Juga Penting

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah H. Sukirman dari FPKB memberikan pemahaman terkait program dari DPRD melalui Wakil Rakyat Mengajar dengan Tema Remaja Tangguh Calon Pemimpin Masa Depan di SMAN 1 Kedungwuni, Jumat 15 Desember 2023.

Sukirman menjelaskan bahwa memang DPRD terus menciptakan ruang komunikasi dengan masyarakat yang diwakilinya diantaranya para pelajar.

"Sebenarnya kalo lebih intensif itu kita ingin mendengarkan secara langsung mereka kira-kira problem-problem mereka menghadapi sekolah, lalu kemudian setelah itu punya prospektif apa untuk melanjutkan perguruan yang lebih tinggi dan seterusnya," ucapnya.

Dalam kegiatan kali ini, memang memanfaatkan situasi untuk memberikan pendidikan kepada pelajar, sosialisasi tentang pemilu, lalu tentang demokrasi, supaya mengenal juga sebenarnya mereka kan punya wakil rakyat yang memang setiap saat bisa dijadikan tempat curhat, tempat untuk menyampaikan ide, gagasan dan juga tempat untuk menyampaikan inspirasi.

"Karena jangan dikira gen z itu tidak peduli terhadap bangsa ini, justru kritis, mereka justru peka hanya saja kadang-kadang ruang komunikasinya yang tidak terjalin," tuturnya.

Harapannya kalo sudah mengenal ini apalagi didampingi ibu kepala sekolah akan terus membantu mereka setelah lulus apabila ada problem-problem di lingkungannya sendiri, karena mereka kan biasanya aktif dilingkungan masing-masing itu bisa tersalurkan kepada kami.

Disinggung tentang penekanan dalam kegiatan wakil rakyat mengajar ini, Sukirman menyampaikan sekali lagi adalah sosialisasinya ya tentang peran DPRD. 

"Kita memang mengambil tema kepemimpinan karena memanfaatkan momentum dalam pemilu. Maksudnya momentum bahwa memilih pemimpin itu penting dan menjadi pemimpin itu juga penting, agar mereka memiliki kesadaran juga untuk hadir mewarnai Republik ini sebagai pimpinan di kehidupan masing-masing," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Kedungwuni Indah Muslichatun menanggapi bahwa pihak sekolah memandang acara ini positif dan baik untuk anak-anak, karena ini adalah pembelajaran langsung dari masyarakat yang memang berkiprah di lapangan ya, dalam hal ini pak sukirman selaku anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, jadi anak-anak tau apa sih peran DPRD yang sesungguhnya di lapangan, juga memotivasi mereka untuk menjadi pemimpin di masa depan. 

Salah seorang siswa sekaligus Ketua OSIS SMAN 1 Kedungwuni Abdi Ghandi R menambahkan bahwa tanggapan dari dirinya yakni sangat bersemangat, antusias, mengingat acara ini sangat-sangat bermanfaat sih bagi anak-anak muda.

"Khusus kami sendiri dengan tema remaja calon pemimpin masa depan, tentu saja ini akan mengasah skill kami untuk menjadi pemimpin-pemimpin di masa depan," imbuhnya

Ghandi juga menaruh harapan kepada wakil rakyat semoga bisa mewakili aspirasi anak-anak muda kami dengan mengikuti perkembangan zaman, sarana dan prasarana perkembangan zaman, kami harapkan anak-anak muda kami terus berkembang. 

"Saya sebagai anak muda menginginkan wakil rakyat yang mementingkan kepentingan rakyat sendiri diatas kepentingan-kepentingan para koalisi segala macam, tentu saja ada kepentingan rakyat yang masih penting, tentu saja di rakyat ada anak-anak muda seperti kami yang punya banyak sekali harapan. Saya harap pemimpin masa depan memperhatikan apa yang gen z inginkan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: