8 Sekolah dan Madrasah Terima Penghargaan Adiwiyata Kabupaten Batang

8 Sekolah dan Madrasah Terima Penghargaan Adiwiyata Kabupaten Batang

8 Sekolah dan Madrasah Terima Penghargaan Adiwiyata Kabupaten Batang -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADAR PEKALONGAN.DISWAY.ID - Tahun ini ada 8 sekolah dan madrasah di Kabupaten Batang yang menerima penghargaan sekolah adiwiyata tingkat Kabupaten Batang. Penghargaan ini secara lansung diberikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), A Handy Hakim di Aula DLH Batang, Kamis 21 Desember 2023. 

Kedelapan sekolah dan madrasah tersebut, SDN Tenggulangharjo Subah, SDN Selopajang 3 Blado, Kepala SMPN 2 Warungasem, Kepala SMPN 3 Warungasem, Kepala SMPN 3 Gringsing, MIM Tanjungsari Tersono, MTs N Batang dan Kepala MTs Darul Hikmah Subah. 

"Tahun ini ada 8 sekolah baru yang kami berikan penghargaan adiwiyata, dari sekitar 1.000 sekolah di Batang baru sekitar 70 sekolah yang mendapatkan penghargaan dari tingkat kabupaten hingga mandiri," jelas Handy. 

Menurutnya kehadiran sekolah adiwiyata ini penting dan perlu mendapatkan dukungan pemerintah. Karena tak sekadar lomba, tetapi adiwiyata sendiri menjadi sarana untuk membudayakan sikap peduli lingkungan pada anak sejak dini. 

"Pendidikan budaya berbasis lingkungan ini memang harus dimulai sejak dini. Oleh karenanya, hadirnya sekolah adiwiyata ini perlu didukung oleh pemerintah. Kami berharap ada dukungan pemerintah, baik legislatif maupun eksekutif. Sehingga penetapaan sekolah adiwiyata bisa disupport anggaran, bisa lewat dinas pendidikan atau lainnya, karena secara aturan, DLH mungkin belum bisa memungkinkan untuk memberikan langsung ke sekolah. Sehingga jika tidak memungkinkan bisa dianggarkan lewat dinas lain," harapnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: