5 Rekomendasi Makanan untuk Menjaga Kesehatan Tulang, Efektif Menjaga Tulang Tetap Kuat Sampai Tua

5 Rekomendasi Makanan untuk Menjaga Kesehatan Tulang, Efektif Menjaga Tulang Tetap Kuat Sampai Tua

Makanan untuk Menjaga Kesehatan Tulang--freepik.com/pressfoto

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Selain kalsium tinggi, makanan apa saja yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tulang? Mari cari tahu jawabannya, simak makanan untuk menjaga kesehatan tulang dibawah ini.

Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang cenderung menurun.

Untuk memperkuat tulang dan mengurangi risiko penyakit akibat pengeroposan tulang, seseorang perlu memenuhi nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, salah satunya makanan tinggi kalsium.

Kepadatan tulang secara alami mulai menurun secara perlahan di sekitar usia 30 tahun. Hal ini disebabkan oleh melambatnya proses pembentukan tulang, sementara penurunan kepadatan tulang terus berlanjut.

Penurunan kepadatan tulang dapat terjadi lebih cepat pada usia di atas 50 tahun karena penurunan produksi hormon dalam tubuh, terutama pada wanita yang telah mengalami menopause.

Oleh karena itu, selain olahraga teratur, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga dapat dilakukan untuk mencegah pengeroposan tulang dan menjaga fungsi tulang. Berikut ini rekomendasinya.

BACA JUGA:Bisa Menyembuhkan Nyeri dalam Semalam, Berikut 9 Obat Tradisional Sakit Tulang Kaki

BACA JUGA:Inilah 5 Penyebab Pengapuran Tulang yang Perlu Kamu Ketahui, Tetap Jaga Agar Tulangmu Selalu Sehat

Makanan yang Direkomendasikan untuk Menjaga Kesehatan Tulang

1. Makanan Tinggi Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi yang direkomendasikan dalam menjaga kesehatan tulang. Kalsium merupakan mineral utama pembentuk kepadatan tulang.

Cara paling efektif untuk memenuhi kebutuhan kalsium bagi tulang adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dalam menu makanan sehari-hari.

Beberapa contoh makanan tinggi kalsium antara lain susu, keju, kacang almond, dan sarden.

2. Makanan yang Mengandung Vitamin D dan Vitamin K-2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: