Kodim 0710 Pekalongan Gelar Bakti Sosial dan Buat Sumur Bor di Desa Kedungkebo

Kodim 0710 Pekalongan Gelar Bakti Sosial dan Buat Sumur Bor di Desa Kedungkebo

Kodim Pekalongan gelar bakti sosial di Desa Kedungkebo Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Sebagai bentuk kepedulian TNI kepada masyarakat, Kodim 0710 Pekalongan menggelar bakti sosial berupa pembagian sembako kepada masyarakat kurang mampu di Desa Kedungkebo Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan, Kamis, 4 Januari 2024.

Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya, mengatakan, pemberian bantuan sembako tersebut merupakan bentuk kepedulian TNI, khususnya Kodim 0710 Pekalongan, kepada masyarakat yang kurang mampu di wilayah binaan.

“Kegiatan hari ini kita melaksanakan kegiatan bakti sosial di Kecamatan Karangdadap," kata Dandim Pekalongan.

Menurutnya, di Desa Kedungkebo pihaknya juga membuat sumur bor. sumur bor ini dalam rangka membantu masyarakat yang kekurangan air bersih khususnya saat musim kemarau.

Dandim Pekalongan Rizky berharap, dengan kegiatan yang dilakukan masyarakat yang kurang mampu bisa terbantu dan tercipta kemanunggalan TNI-rakyat. Sehingga wilayah Kodim 0710 Pekalongan selalu kondusif.

Kepala Desa Kedungkebo Nuh Sani, mewakili warga mengucapkan terima kasih atas kepedulian TNI kepada warganya, baik bantuan yang diberikan berupa sembako maupun pembuatan sumur bor untuk mencukupi kebutuhan air bersih.

"Saya sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh bapak Dandim 0710, semoga kedepan warga kami lebih sejahtera dan kebutuhan air bersih bisa tercukupi, khususnya saat musim kemarau,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan baksos ini diantaranya Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Raharjo, Waka Polres Pekalongan Kompol Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi, dan Forkompincam Karangdadap.  

Seperti diketahui, akibat sumber air bersih di perkampungan debitnya menyusut saat musim kemarau 2023 lalu, ibu-ibu rumah tangga di Desa Kedungkebo terpaksa bolak-balik ngangsu air di sungai untuk mandi dan mencuci pakaian.

Untuk mencuci pun warga terpaksa melakukannya di sungai, sehingga beban harian mereka kian bertambah. Padahal, jarak rumah dengan sungai cukup jauh.

Sementara untuk memasak, warga di beberapa pedukuhan di Kabupaten Pekalongan terpaksa mengandalkan bantuan dropping air bersih dari Pemkab Pekalongan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Pekalongan, kekeringan di Desa Kedungkebo saat musim kemarau 2023 terjadi di Dukuh Kedungkebo Lor, Kedungkebo Kidul, Pejaten dan Dukuh Kedungmiri. Jumlah terdampak kekeringan di desa ini 287 kepala keluarga atau 997 jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: