4 Orang Yang Tidak Boleh Mengonsumsi Air Rebusan Daun Salam, Simak dan Perhatikan Agar Tak Berisiko

4 Orang Yang Tidak Boleh Mengonsumsi Air Rebusan Daun Salam, Simak dan Perhatikan Agar Tak Berisiko

Meski kaya manfaat, orang dengan kriteria tertentu tidak disarankan mengonsumsi air rebusan daun salam.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Daun salam tak hanya bermanfaat untuk bumbu masak. Daun ini kaya manfaat untuk kesehatan, sehingga kerap digunakan untuk pengobatan secara alami.

Kandungan nutrisi dalam daun salam cukup banyak, baik itu vitamin maupun mineral. Sebut saja vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, alkaloid, steroid, tannin, triterpenoid, dan flavonoid. 

Berkat banyaknya kandungan vitamin dan mineral itulah daun salam kaya akan manfaat untuk kesehatan. Diantaranya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kadar asam urat, menurunkan gula darah, kolesterol dan trigliserida, serta seabrek manfaat lainnya.

Meskipun daun salam kaya akan manfaat, ada beberapa orang dengan kriteria tertentu yang tidak boleh atau tidak disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun salam. Sebab bisa berdampak buruk bagi orang-orang dengan kriteria tertentu tersebut, sehingga air rebusan daun salam terbilang larangan bagi mereka.

Baca juga:7 Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bumbu Masak yang Ampuh Cegah Hipertensi

Berikut ini orang yang tidak boleh mengonsumsi air rebusan daun salam, atau tidak disarankan mengomsumsi air rebusan daun salam:

1. Pasien yang akan menjalani operasi

Bagi pasien yang akan menjalani operasi sebaiknya menghindari mengonsumsi air rebusan daun salam secara rutin. Sebab, daun salam dapat membuat sistem saraf pusat melambat secara signifikan. 

Jika sudah terbiasa rutin minum air rebusan daun salam dan akan menjalani operasi, hentikan penggunaan daun salam dua minggu sebelum jadwal operasi dilakukan. Bisa juga konsultasikan dulu ke dokter apakah tetap boleh minum air rebusan daun salam atau dihentikan sementara menjelang operasi akan dilaksanakan. 

Baca lagi:Bisa Menurunkan Kolesterol! Ini 3 Khasiat Rebusan Daun Salam untuk Cegah Penyakit

2. Penderita diabetes yang sedang mengonsumsi obat 

Salah satu manfaat daun salam bisa mengontrol kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2. Meskipun demikian, jangan minum air rebusan daun salam di saat penderita diabetes mengonsumsi obat diabetes. Sebab, efeknya akan menyebabkan gula darah turun terlalu rendah. 

Jika ingin mengonsumsi daun salam dan obat diabetes bersamaan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. 

3. Orang yang sedang mengonsumsi obat penenang 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: