Muhammadiyah Batang Bebaskan Warganya Gunakan Hak Pilih di Pemilu 2024

Muhammadiyah Batang Bebaskan Warganya Gunakan Hak Pilih di Pemilu 2024

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Batang, Harto Setiyono. -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

IST

 

Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Kabupaten Batang, Harto Setiyono

 

 

 

BATANG, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ketua Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Batang, Harto Setiyono, menegaskan bahwa pihaknya netral dan tak tidak terlibat langsung dalam politik praktis. 

Ia menekankan bahwa Muhammadiyah tidak akan mengarahkan warganya dalam pemilihan politik. Tidak hanya itu, fasiltas bandan usaha milik Muhammadiyah juga bersih dari kampanye caleg maupun capres. 

"Muhammadiyah akan membebaskan warganya untuk memilih arah politiknya sendiri, karena mereka sudah paham, cerdas dan tidak salah sasaran dalam memilih wakil rakyatnya,' ujar Harto saat diwawancarai, Selasa 9 Januari 2024. 

Saat ini, jumlah warga Muhammadiyah di Kabupaten Batang mencapai sekitar 5.000 orang yang aktif. Dari jumlah tersebut, sekitar 20 orang di antaranya tertarik untuk mencalonkan diri sebagai legislatif. Mereka sementara dinonaktifkan dari kepengurusan Muhammadiyah.

"Kalau Muhammadiyah ada yang nyaleg, warganya secara otomatis nanti lepas dari kepengurusan sementara. Arah politik di Pilpres  Muhammadiyah membebaskan warganya mau ke mana? Monggo yang penting cerdas jangan sampai salah sasaran," jelasnya. 

Ia menyatakan bahwa meskipun beberapa calon legislatif dari berbagai partai telah meminta doa dan restu dari Pengurus Daerah Muhammadiyah Kabupaten Batang, PD Muhammadiyah tetap menjaga sikap netral. 

"Kita tetap menjaga kedekatan yang sama terhadap semua, tidak memberikan dukungan kepada siapapun, kita tetap netral," tegasnya.

Ditegaskannya, menegaskan bahwa Muhammadiyah tetap terbuka terhadap silaturahim dari berbagai partai politik seperti Golkar, Gerindra, PKS, PDIP, NasDem, PAN, dan Partai Umat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: