Dinkes Batang Berikan Bantuan 434 Kacamata Minus untuk Pelajar

Dinkes Batang Berikan Bantuan 434 Kacamata Minus untuk Pelajar

Dinkes Batang Berikan Bantuan 434 Kacamata Minus untuk Pelajar-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADAR PEKALONGAN.DISWAY.ID - Dinkes Batang melalui 21 Puskesmas se Kabupaten Batang membagikan bantuan 434 kacamata minus untuk pelajar SD sederajat. bantuan ini diberikan kepada para siswa yang terjaring skrining mata minus yang dilakukan Dinkes Batang 2023 lalu. bantuan ini pun telah diserahkan ke sekolah masing-masing melalui Puskesmas setempat. 

"Bantuan ini dianggarkan sekitar Rp100 Juta yang diwujudkan dalam bantuan 434 kacamata. Memang belum semuanya yang terjaring mendapatkan bantuan kacamata. Karena dari penjaringan tahun ini ditemukan sekitar 1.171 pelajar yang mengalami mata minus," ujar Kepala Dinkes Batang melalui, Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Isnaeni Oktavia saat diwawancarai, Jumat 12 Januari 2024. 

Sebelumnya, para pelajar melakukan skrining di tingkat Unit Kesehatan Sekolag (UKS) masing-masing. Kemudian dilakukan KIR Mata untuk menentukan besaran minusnya. 

"Ada yang minusnya 0,5 ada juga yang hingga 9," imbuhnya. 

Pihaknya berharap, bantuan ini bisa turut membantu siswa untuk lebih belajar dengan nyaman. Ia juga turut mengimbau agar mereka turut bisa memperbaiki pola hidup dan juga mengurangi intensitas bermain gadget. 

SDN Proyonanggan 03 menjadi salah satu sekolah yang menerima bantuan ini. Kepala SDN Proyonanggan 03 Batang, Esti Yuni P menyebut ada sekitar 6 anak yang mendapatkan bantuan kacamata minus ini. 

Pihaknya berterima kasih atas bantuan yang diberikan Puskesmas Batang 1 dan Dinkes Batang ini. Menurutnya siswa dan wali murid turut mengapresiasi perhatian yang telah diberikan. 

"Kami merasa sangat terbantu dgn adanya bantuan kacamata gratis dari Dinkes kab. Batang melalui puskesmas Batang 1. Anak dan orang tua sangat senang dan sangat berterima kasih atas bantuannya pada Puskesmas Batang 01 yang secara rutin perhatian pada siswa SD Proyonanggan 03. Harapan kami semoga program ini terus berlanjut," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: