Yamaha Mio Sporty Bekas Harganya Makin Gila, Padahal Sudah Tidak Diproduksi Lagi Penyebabnya Apa Ya?

Yamaha Mio Sporty Bekas Harganya Makin Gila, Padahal Sudah Tidak Diproduksi Lagi Penyebabnya Apa Ya?

Yamaha Mio Sporty bekas harganya makin gila--Instagram

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Yamaha Mio Sporty, merupakan salah satu motor lawas yang pernah diproduksi oleh Yamaha beberapa tahun lalu.

Namun, baru-baru ini para pecinta otomotif dibuat takjub dengan harganya yang semakin naik, bukan semakin turun, kira-kira apa alasannya ya?

Tidak jarang juga Yamaha Mio Sporty yang kondisinya sudah tidak layak, dimodifikasi ulang lagi hingga terlihat seperti motor baru yang baru turun dari dealer.

Tentu saja karena hal tersebut membuat harganya semakin naik, khususnya Yamaha Mio Sporty yang sudah dimodifikasi atau masih benar-benar original dari baru sampai sekarang.

BACA JUGA: Kawasaki J125 Ninja Matic sepertinya Menjadi Ancaman Bagi Yamaha Nmax 2024, Banyak Fitur Unggulan!

BACA JUGA: Honda Stylo 160 2024 Tampilannya Unik Banget, Kabarnya Akan Mulai Diluncurkan Bulan Depan, Tunggu Saja!

Bahkan beberapa postingan yang kami lihat di market place, motor ini dibandrol dengan harga yang tidak wajar seperti ketika pertama kali keluar dulu.

Ada juga yang sudah mengalami restorasi atau perombakan, dan dibandrol dengan harga mencapai puluhan juta rupiah, uniknya lagi unit yang dicari bukan keluaran tahun muda, namun justru keluaran tahun tua antara 2005 sampai 2008 atau Mio generasi pertama.

Sejarah mengenai Yamaha Mio di Indonesia

Yamaha Mio ini tidak bisa tertinggal dari awal kisah kepopulerannya, memang motor ini bukan lah motor Yamaha matic pertama yang ada di Indonesia, sebab ada Yamaha Nouvo yang sudah ada sejak dulu tahun 2002.

Sementara Yamaha Mio Sporty sendiri, pertama kali diluncurkan pada tahun 2003, dan sempat menguasai pasar skuter matic di Indonesia, sebelum beberapa tahun setelahnya direbut oleh Honda Beat.

BACA JUGA: Motor Listrik Polytron Fox R Jadi Pilihan Masyarakat Pekalongan, Harga Terjangkau Rp14 Juta Usai Subsidi

BACA JUGA: Gak Bikin Nyesel, Inilah Mobil Bekas Murah 60 Jutaan Perawatan Mesinnya Gampang Banget!

Pada awal pertama kali diluncurkan, Yamaha memang menyasar konsumen utama mereka adalah para kalangan wanita, hal ini terbukti dari slogan Mio pertama yaitu “Wanita Jangan Mau Ketinggalan”.

Yamaha Mio Sporty sendiri, merupakan salah satu varian Yamaha Mio sejak tahun 2005 sampai 2012, sebelum munculnya generasi-generasi penerus.

Beragam Model Yamaha Mio dari Masa ke Masa

Yamaha Mio 2003 - 2008

Generasi pertama ini dibekali dengan mesin bensin berkapasitas 113 cc, dan memang target utama mereka pada saat itu adalah para kaum perempuan.

BACA JUGA: Tidak Menguras Kantong Inilah Mobil Bekas Murah Dibawah 50 Juta, Bisa untuk Anak Muda dan Bapak-Bapak!

BACA JUGA: Honda Vario 160 2024 Tampil Semakin Percaya Diri dengan Kehadiran Warna Terbaru, Yamaha Aerox Ketar-Ketir!

Yamaha Mio Soul 2007 - 2012

Kemudian pada tahun 2007 muncullah generasi terbaru yaitu Mio Soul dan mulai dilirik oleh para kaum pria, dengan dimensinya yang lebih besar dan corak warna pada body yang dibuat lebih beraura sporty dan maskulin.

Yamaha Mio Smile 2008 - 2013

Munculnya persaingan yang cukup panas dan sengit antara Honda dan Yamaha, akhirnya membuat Yamaha Mio berbenah dari sisi desain, dan lahirlah Yamaha Mio Smile ini, dan mampu bertahan eksis sampai 5 tahun.

Julukan Mio Smile ini, terinspirasi dari desain lampu senjanya yang menyatu dengan lampu sein serta membentuk lekukan dan diucapkan mirip dengan senyuman.

Bahkan untuk warna-warna tertentu, Mio Smile ini juga sudah mulai diburu oleh para kolektor, tidak mau kalah dengan Yamaha Mio Sporty.

BACA JUGA: Motor Matic Terbaru Yamaha Lexi LX 155, Terdapat Pilihan Warna Memukau Harga Mulai Rp25 Jutaan

BACA JUGA: Semakin Menggoda Motor Sport Honda CB150X, Berikut Harga dan Promonya

Yamaha Mio Soul GT 2012 - 2014

Dari namanya sudah diketahui, bahwa Mio ini merupakan penerus dari Yamaha Mio Soul, dan target pasarnya masih mengincar para kaum adam.

Tambahan kata GT pada nama belakangnya ini, Merujuk pada mesin baru yang berteknologi Yamaha Mixture Fuel Jet Injector atau YMJET-Fi.

Yamaha Mio J 2012 - 2014

Dalam kurun waktu yang bersamaan dengan Soul GT, Yamaha memberikan opsi lain dengan desainnya yang lebih kalem dan mengalir halus tanpa banyak lekukan tajam.

Yakni Yamaha Mio J, mesinnya pun sudah menggunakan teknologi YMJET-Fi, DiAsil Cylinder, Forged Piston, dan generasi ini mengincar konsumen umum tidak spesifik pria ataupun wanita.

BACA JUGA: Tidak Hanya Keren Inilah Mobil Sedan Bekas yang Mewah dan Murah Dibawah 100 Juta, Cocok untuk Semua Kalangan!

BACA JUGA: Sering Dikatakan Mobil Taksi Toyota Vios Gen 3 Memiliki Beberapa Kelebihan yang Layak Dijadikan Pertimbangan!

Yamaha Mio Fino 2012 - 2016

Berbeda dengan mio-mio lainnya, Fino ini menyuguhkan diri dengan konsep desain retro, mesin awalnya sendiri masih menggunakan karburator.

Kemudian pada tahun 2014, dihadirkan dengan teknologi YMJET-Fi, DiAsil Cylinder, Forged Piston, namun pada tahun 2016 embel-embel Mio dihilangkan dari motor ini dan menjadi Yamaha Fino.

Yamaha Mio GT 2013 - 2014

Baik Mio J ataupun Mio GT sebenarnya sama-sama memiliki lekukan body yang sama, dan hanya memiliki perbedaan pada warna dan corak bodynya yang lebih sporty dan maskulin.

BACA JUGA: Selain Honda Beat Inilah Motor Matic yang Bahan Bakarnya Irit, Cocok untuk yang Suka Pergi Jauh!

BACA JUGA: Tidak Hanya Cocok untuk Keluarga Mobil Bekas Murah Irit 70 Jutaan Ini juga Cocok untuk Para Anak Muda, Merapat

Yamaha Mio M3 125 Blue Core 2014 - 2021

Mio M3 125 ini, dikatakan sebagai hasil pembelajaran dari Mio J yang penjualannya kurang berhasil, dimana Mio M3 125 ini memiliki desain bernuansa futuristik, dan dibekali mesin berkapasitas 125 cc dengan tarikannya lebih mumpuni dan sudah terdapat juga fitur eco indikator.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: