Temui Pelaku UMKM di Kota Pekalongan, Gibran Sampaikan Ini

Temui Pelaku UMKM di Kota Pekalongan, Gibran Sampaikan Ini

Gibran menunjukkan batik karyanya, dalam acara pertemuan dengan pelaku UMKM di Kota Pekalongan, Senin, 29 Januari 2024.-Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka, bertemu dengan sejumlah pelaku UMKM di Kota Pekalongan di acara 'Gibran Mendengar', pada Senin, 29 Januari 2024.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di DP Terrace tersebut, Gibran melihat-lihat produk UMKM batik yang dipamerkan serta berbincang dengan para pelaku UMKM, pengrajin batik, dan influencer yang hadir. 

Cawapres pasangan dari Capres Prabowo Subianto tersebut juga sempat membeli kain batik cap produksi asli Pekalongan.

Pada kesempatan tersebut, Gibran juga sempat membatik menggunakan canting pada selembar kain yang telah disiapkan pembatik di lokasi tersebut.

Secara spontan, Gibran menggoreskan canting batiknya yang telah dikasih lilin batik membentuk tulisan 02.

BACA JUGA:Arus Bawah Dukung Pilpres Sekali Putaran, Irwan : Dukungan Ini untuk Menambah Daya Juang Prabowo-Gibran

Acara dilanjutkan dengan diskusi. Gibran mendengarkan berbagai keluhan, unek-unek, dan menyerap aspirasi para pelaku UMKM batik serta pegiat media sosial di Kota Pekalongan.

Saat menggelar dialog dengan para pelaku UMKM tersebut, Gibran mengaku bahwa dirinya sebenarnya banyak belajar dari Kota Pekalongan. Sebab, Kota Pekalongan sudah terlebih dahulu meraih predikat sebagai Kota Kreatif dibandingkan Solo.

"Saya sebenarnya banyak belajar atau mencontoh dari Pekalongan. Pekalongan yang pertama dapat predikat Creative City Network. Solo dua-tiga kali gagal ngajuin itu. Tapi berhasil pas saya menjabat," kata Wali Kota Surakarta tersebut.

Di zaman serba digital seperti saat ini, Gibran menyarankan agar para pelaku UMKM batik untuk memanfaatkan teknologi informasi dengan memasarkan produknya secara online.

Dia mencontohkan, misalnya di Solo, sudah melangkah ke percepatan digitalisasi dan pemasaran secara digital dengan menggandeng beberapa marketplace. Ada pula pelatihan-pelatihan digital marketing untuk para pelaku UMKM agar bisa menembus persaingan global.

"Saya juga banyak mendorong untuk pelaku-pelaku UMKM batik saya ajak pameran di Paris. Pekalongan ini sebenarnya luar biasa sekali. Mendahului Solo yang Creative City Network. Ini Solo baru menggencarkan lagi motif-motif yang baru. Motif-motif yang lama kami kuatkan lagi, brandingnya kami kuatkan lagi," bebernya.

"Saya ucapkan terima kasih atas masukan-masukan dari bapak ibu semua. Nanti saya ke Pekalongan lagi untuk menyelesaikan PR-PR yang tadi bapak ibu sampaikan," imbuh Gibran.

Dari Kota Pekalongan, Gibran melanjutkan perjalanan untuk menemui pelaku UMKM di Tegal dan Brebes. (way) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: