5 Tips Komunikasi untuk Menjaga Hubungan Saat LDR, Pasangan Jarak Jauh Wajib Baca!

5 Tips Komunikasi untuk Menjaga Hubungan Saat LDR, Pasangan Jarak Jauh Wajib Baca!

Komunikasi untuk menjaga hubungan saat LDR--freepik.com

Jangan puas hanya dengan menanyakan hal-hal mendasar terkait apa yang dilakukan pasanganmu hari ini, sudahkah mereka makan, dan hal-hal terkait kegiatan yang sangat dasar lainnya.

Alih-alih, dalam memaksimalkan komunikasi untuk menjaga hubungan saat LDR, kamu bisa menanyakan hal yang lebih spesifik seperti masalah yang sedang dia hadapi, apa yang mengganggu pikirannya, apakah pekerjaannya berjalan lancar, apakah dia beradaptasi dengan baik, dan lainnya.

Akan tetapi, kamu juga perlu mengingat bahwa kamu tidak perlu memaksakan diri dan harus tetap bersabar sampai pasangan akan membuka diri ketika ia telah siap.

Pasalnya, beberapa orang juga akan menetapkan batasan untuk emosi mereka. Maka, kamu juga perlu untuk memperhatikan batasan tersebut. 

Pahami Isyarat Nonverbal

Meski berada di jarak yang berjauhan, teknologi sudah memfasilitasimu untuk bisa berkomunikasi secara tatap mata dengan pasanganmu.

Ketika kamu berada dalam situasi itu, maka jangan pernah mengabaikan isyarat nonverbal yang ditampilkan oleh pasanganmu.

Dalam menciptakan komunikasi untuk menjaga hubungan saat LDR, kamu perlu lebih peka dengan ekspresi, nada bicara, hingga gerak-gerik pasanganmu.

Karena bisa jadi, pasanganmu berkata baik - baik saja, tetapi dengan nada suara yang terdengar kesal atau marah. Mungkin ada hal - hal lain yang tengah dirasakan, tetapi belum siap untuk dikomunikasikan.

Selalu Luangkan Waktu

Sesibuk apa pun kamu dan pasanganmu, jangan pernah melewatkan waktu untuk saling memberi kabar. Kalian sedang berada dalam situasi yang rawan, dan yang bisa mengeratkan adalah komunikasi. Oleh karenanya, jangan biarkan perekat ini absen dari hubungan LDR-mu.

Agar kamu bisa mendapatkan manfaat dari komunikasi untuk menjaga hubungan saat LDR, perlu pula untuk menjadwalkan quality time dengan banyak berbincang, meski tentang hal-hal yang tidak penting sekali pun.

Itu akan membantumu menjaga kenyamanan terhadap satu sama lain dan mengelola perasaanmu agar tidak hilang untuknya.

BACA JUGA Stop Ngerasa Nggak Enakan! Ini 7 Cara Meningkatkan Komunikasi Asertif Agar Bisa Tegas dan Teguh Pendirian

Komunikasi Timbal Balik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: