Simulasi Pemungutan Suara KPU Kabupaten Pekalongan, Pemilih Muda Butuh 7 Menit di TPS

Simulasi Pemungutan Suara KPU Kabupaten Pekalongan, Pemilih Muda Butuh 7 Menit di TPS

Pemilih milenial pun tampak semangat memberikan hak pilihnya saat simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS 001 Desa Paninggaran Kabupaten Pekalongan, Rabu, 31 Januari 2024.-Hadi Waluyo-

Dari pantauannya, proses pemungutan suara di TPS 001 Desa Paninggaran berjalan lancar. Masyarakat teratur dalam menggunakan hak suaranya di TPS.

"Mereka sesuai dengan arahan membawa C pemberitahuan dan juga identitas KTP dan sebagainya untuk bisa memberikan hak suaranya," kata dia.

Baca juga:KPU Kabupaten Pekalongan Mitigasi TPS Rawan Bencana, 20 TPS di Desa Jeruksari Rawan Banjir

Disebutkan, untuk lama atau waktu yang dibutuhkan oleh pemilih dalam menggunakan hak suaranya di TPS itu rata-rata tergantung usia. Untuk pemilih usia muda, waktu yang dibutuhkan di TPS sekitar tujuh menit selesai. Ini mulai dari pendaftaran, menunggu, mendapatkan giliran mencoblos sampai celup tinta itu tujuh menit. 

"Kalau untuk yang sepuh-sepuh, sampai 10 menit lebih. Memang tergantung dari pemilihnya sendiri. Kalau yang muda mungkin mereka sudah tahu mau milih yang mana sehingga mereka cepet memberikan suaranya," ujar Lailatul Izzah.

Sementara itu, Asisten 1 Sekda Pemkab Pekalongan Wiryo Santoso mengajak semuanya untuk menjadikan kegiatan simulasi ini sebagai sarana pembelajaran. "Mari kita jadikan setiap kesalahan atau hambatan yang mungkin muncul sebagai peluang untuk memperbaiki dan memperkuat sistem yang ada," kata dia.

Dikatakan, pemilu adalah pilar utama dalam menjaga kestabilan dan keadilan dalam pemerintahan. Sehingga, keterlibatan aktif dalam simulasi ini akan memberikan kontribusi yang besar terhadap kesuksesan proses pemilu yang akan datang. 

"Dengan simulasi ini bisa mengetahui potensi permasalahan yang mungkin muncul dan upaya penyelesaiannya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: