Lakukan 5 Hal Ini untuk Memberikan Respons Saat Temanmu Curhat, Jangan Sampai Memperburuk SItuasi!

Lakukan 5 Hal Ini untuk Memberikan Respons Saat Temanmu Curhat, Jangan Sampai Memperburuk SItuasi!

Memberikan respons saat temanmu saat curhat--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Berkomunikasi dengan orang lain juga berarti mempertimbangkan perasaan mereka, salah satunya dengan memperhatikan bagaimana caramu memberikan respons saat temanmu curhat.

Kegiatan komunikasi membutuhkan sensitivitas dalam dirimu agar apa pun yang kamu katakan tidak membuat orang lain sakit hati atau memperburuk perasaan mereka.

Terlebih ketika seseorang sudah percaya padamu dengan membagikan permasalahannya, sudah seharusnya kamu memberikan respons yang peka.

Oleh karenanya, kamu perlu mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk memberikan respons saat temanmu curhat. Jangan biarkan dia kapok bercerita denganmu karena kamu memberikan respons yang tidak tepat dan justru menyakitinya.

Artikel ini hadir untukmu dengan sejumlah tips memberikan respons saat temanmu curhat agar saranmu tidak menyalahi situasi.

Yuk, simak sampai akhir!

BACA JUGA 5 Bentuk Komunikasi yang Manipulatif, Jangan Mau Dibodohi dan Dimanfaatkan Oleh Orang Lain!

Mendengarkan dengan Baik

Tahap pertama sebelum kamu mencoba untuk memberikan respons saat temanmu curhat adalah dengan mendengarkan apa yang dia katakana dengan saksama. Dengan begitu, kamu bisa lebih memahami situasi temanmu.

Pastikan kamu tidak terlalu dini menyimpulkan apa yang disampaikan oleh temanmu atau bahkan memberikan penilaian kepada mereka sebelum kamu selesai mendengarkan. Sebab, jika kamu melakukan hal tersebut maka besar kemungkinan kamu tidak akan mendengarkan sisa cerita dengan baik.

Mendengarkan akan membantumu dalam memahami bagaimana rasanya jika kamu menjadi dia dan apa yang akan kamu lakukan. Dengan begitu, secara perlahan kamu tahu harus bersikap bagaimana dalam memberikan respons saat temanmu curhat.

Memperhatikan Bahasa Tubuh

Terkadang, tidak semua pesan bisa disampaikan melalui kata-kata, terlebih ketika di dalamnya terdapat perasaan yang kompleks dan sulit untuk didefinisikan.

Oleh karenanya, agar kamu lebih peka ketika memberikan respons saat temanmu curhat, pastikan kamu juga memperhatikan bahasa tubuh yang ditampilkan oleh temanmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: