Ustaz Adi Hidayat: Hindari Hal Ini, Satu Kebiasaan yang Membuat Kemampuan Hafalan Menurun

Ustaz Adi Hidayat: Hindari Hal Ini, Satu Kebiasaan yang Membuat Kemampuan Hafalan Menurun

Ustaz Adi Hidayat: Hindari Hal Ini, Satu Kebiasaan yang Membuat Kemampuan Hafalan Menurun-Tangkap layar -YouTube Adi Hidayat official

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ustaz Adi Hidayat menyampaikan untuk menghindari hal ini, satu kebiasaan yang membuat kemampuan hafalan menurun dan kesulitan dalam menambah hafalan.

Mengutip dari akun youtube @adihidayatofficial yang menayangkan kajian dari Ustaz Adi Hidayat, dalam video tersebut Ustaz Adi Hidayat membahas tentang bagaimana cara mudah menghafal dan cara menjaga hafalan.

"Saya pernah punya teman yang punya banyak hafalan Alquran dan hadist, pada suatu hari dia pergi nonton di bioskop, keluar dari bioskop hafalannya hilang semua," cerita Ustaz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Tanda Akhir Zaman yang Paling Ditakutkan Gus Baha, Apa Itu? Sampai Bikin Ia Menangis Saat Menyebutkannya

BACA JUGA:Galau Masalah Jodoh? Begini Cara Mendapatkan Jodoh Terbaik Lewat Jalur Langit Kata Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat melanjutkan bahwa semangat menghafal ini sudah menjadi tradisi dan kebiasaan dari ulama-ulama jaman dulu.

Banyak ulama-ulama yang terkenal karena hafalannya yang sangat luar biasa bagus. Sehingga dari hafalan-hafalannya itu lahir berbagai kitab dan buku yang sampai saat ini masih digunakan oleh banyak ulama untuk berdakwah mengajarkan kebaikan islam.

"Dulu, ada ulama yang meminta saran kepada gurunya tentang sulitnya menghafal, hingga gurunya memberikan nasehat kepadanya," jelas Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat melanjutkan bahwa supaya mudah menghafal dan tidak lupa hilang hafalannya, maka kita harus menghindari hal ini. Karena hal ini sering menjadi kebiasaan kira.

BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat Bongkar Rahasia Waktu Berdoa Paling Mustajab, Hanya 15 menit

BACA JUGA:Inspiratif! Ustadz Adi Hidayat Kisahkan Dahsyatnya Sholat Tahajud, Bisa Rubah Anak Malas Jadi Penghafal Qur'an

Hal yang harus dihindari dan jangan sampai dilakukan adalah berbuat maksiat. Walaupun itu maksiat kecil.

Besar kecilnya maksiat tidak ada bedanya, jika kita melakukan kemaksiatan maka hal ini akan membuat kita sulit menghafal, karena maksiat menghilangkan keberkahan.

Selain menghilangkan keberkahan, maksiat juga mencegah cahaya ilmu dari Allah untuk masuk ke dalam qolbu, sebagaimana yang disampaikan oleh Imam Waqi kepada Imam Syafii muridnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: