Orang Tua Perlu Tahu! Begini Tips Parenting dr Aisah Dahlan dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak

Orang Tua Perlu Tahu! Begini Tips Parenting dr Aisah Dahlan dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak

Ilustrasi mengontrol penggunaan gadget pada anak ala dr Aisah Dahlan.-Pecinta dr Aisah Dahlan/ yt-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sebagai pengamat parenting, dr Aisah Dahlan sering berbagi tips dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak. Bagi para orang tua, bisa simak penjelasannya berikut ini.

Persoalan kecanduan gadget pada anak, sering jadi masalah yang dikeluhkan para ibu saat ini. Seperti yang dijelaskan dr Aisah saat menjawab salah satu jamaah yang bertanya,

"Bu Isha, bagaimana sih teknik mengontrol HP yang dipakai anak"?

Pada masalah ini, dr Aisah menjelaskan terlebih dahulu bahwa tingkatan umur anak sangat berpengaruh terhadap cara orang tua mengontrol penggunaan gadget.

Menurut beliau, jika anak masih pada usia yang belum baligh, maka orang tua masih memiliki kuasa penuh untuk mengontrol dan mendampingi apa yang anak lihat dan pelajari melalui gadget.

Berbeda halnya saat menghadapi anak yang sudah baligh. Pada perempuan bisa ditandai dengan menstruasi, dan pada laki-laki bisa ditandai dengan sudah mimpi basah.

BACA JUGA:Resah Anak Main HP Terus? Ini Tips Parenting dr Aisah Dahlan untuk Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

BACA JUGA:Anak Mulai Jatuh Cinta, Bagaimana Respon Orang Tua? Simak Tips Parenting dr Aisah Dahlan dalam Menyikapinya

Serta muncul ciri sekunder bahwa dia sudah mulai remaja, maka sikap terlalu mengontrol anak termasuk pada penggunaan gadget perlu dikurangi.

Maka penting orang tua memiliki manajemen dalam memberikan jadwal gadget pada anak sedini mungkin dengan baik. Agar saat remaja, anak bisa lebih paham penggunaaan gadget yang bijak.

Lalu bagaimana cara mengontrol gadget anak yang sudah memasuki usia remaja?

Cara Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak

Seperti penjelasan di atas, bahwa ada perbedaan sikap dalam menangani anak dengan gadgetnya sesuai tingkatan umur. Jika anak Anda masih belum baligh, maka silahkan sebijak mungkin sebagai orang tua mengarahkan dan mendampingi anak dalam menggunakan gadget dengan baik.

Kemudian jika anak sudah baligh, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan menurut dr Aisah Dahlan, berikut penjelasannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: