Tanah Longsor, Dukuh Kumenyep Kabupaten Pekalongan Terisolir

Tanah Longsor, Dukuh Kumenyep Kabupaten Pekalongan Terisolir

Personel TNI, Polri, Perhutani, Pemdes Sidomulyo, perangkat kecamatan, Perhutani dan warga Desa Sidomulyo bersihkan material longsor yang menutup jalan menuju ke Dukuh Kumenyep Desa Sidomulyo Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Akses jalan menuju ke Dukuh Kumnyep di Desa Sidomulyo Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan tertimbun tanah longsor hingga pedukuhan ini sempat terisolir

Akibat jalan tertimbun longson, akses utama menuju ke pedukuhan ini tertutup total, sehingga sama sekali tidak bisa dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat.

Untuk membuka akses jalan menuju ke Dukuh Kumenyep yang terisolasi, jajaran Polsek dan Koramil Lebakbarang bersama perangkat Kecamatan Lebakbarang, Perhutani, Dinas PU Kabupaten Pekalongan serta warga Desa Sidomulyo kompak melaksanakan kerja bakti pembersihan material longsoran, Senin, 5 Februari 2024.

Longsor di jalur itu terjadi pada Minggu malam, 4 Februari 2024. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. 

"Material longsor berupa tanah menutup badan jalan menuju ke Dukuh Kumenyep," terang Kapolsek Lebakbarang, Iptu Dulsalim, Selasa, 6 Februari 2024.

Baca juga:Jalan Utama Penghubung 2 Dukuh di Desa Pamutuh Kabupaten Pekalongan Tertutup Longsor

Dikatakan, ketinggian longsor sekitar 3 meter, dan ketebalan tanah longsoran 1 meter. Sehingga akses jalan menuju ke Dukuh Kumenyep tidak bisa dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Iptu Dulsalim mengungkapkan, karena kondisi malam hari dan cuaca yang masih gerimis, pihaknya bersama instansi terkait lainnya sepakat untuk melakukan evakuasi pada pagi harinya.

Berkat kerjasama dan kekompakan yang dilakukan pihak TNI-Polri bersama unsur pemerintah Kecamatan Lebakbarang dan warga Sidomulyo, jalur yang semula tertutup longsoran berhasil dibersihkan.

“Jalan sekarang sudah normal kembali dan kendaraan roda dua maupun roda empat bisa lewat,” ungkap Kapolsek Lebakbarang.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada akan bencana alam serupa. Pasalnya, hujan dengan intensitas tinggi masih terjadi di wilayah Kecamatan Lebakbarang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: